NASIONAL

Bawaslu Papua Mendalami Video Pembakaran Logistik Pemilu di Distrik Tingginambut

SIBERNAS.com – Menanggapi video pembakaran logistik Pemilu yang tersebar melalui media sosial dan aplikasi WhatsAp, Bawaslu Papua menegaskan akan mendalami  kejadian tersebut. Sang perekam menyebut lokasi pembakaran ada di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

“Jadi, kami baru dapat video ini, tadi saat rapat Gakkumdu video ini diterima awalnya oleh pak Anugerah Patta, dan kami buka sama-sama, wah di dalam video menyampaikan lokasinya,” ujar Anggota Komisioner Bawaslu Papua, Amandus Situmorang, melalui sambungan telepon, Rabu (24/4/2019).

Dari video tersebut, terlihat jelas logistik yang dibakar adalah logistik Pemilu 2019, hal ini ditandai dengan kotak suara yang terbuat dari karton. Amandus menyatakan, video tersebut benar ada, namun fakta-fakta yang diungkapkan di dalamnya masih harus dikonfirmasi kebenarannya.

“Kami dalami dulu, tidak bisa langsung memutuskan, semua ada mekanismenya, penyelenggara juga bisa dipidana jika ditemukan ada keterlibatan dalam kasus itu,” kata dia. Dikutip dari kompas.com (24/4)

Dari cuplikan video tersebut, si perekam berkata “coba saudara-saudara saksikan, tolong viralkan mama-mama dia lempar dan dibuang sembarang, ini dibakar, bagaimana kalau Pilpres macam begini, tidak sesuai yang diamanatkan dalam UU 1945, kalau pemimpin negara menang dalam kecurangan seperti ini, bagaimana negara Indonesia bisa makmur, maju, kalau Pilpres kayak begini, ini surat suara di kantor distrik,”.

Editor : Handoko Suprianto

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *