LIFESTYLE

6 Tanaman Pengusir Nyamuk

SIBERNAS.com — Gigitan nyamuk  bisa menyebabkan kemerahan dan rasa gatal pada kulit, namun ada beberapa jenis  nyamuk bisa menimbukan penyakit yang berbahaya  bagi manusia.

Selain ditempat  air yang tergenang nyamuk juga  suka ditempat tumpukan baju, baik yang tergantung maupun di tumpuk, dan lain-lainya,

Untungnya, ada beberapa cara mengusir nyamuk secara alami tanpa harus menggunakan semprotan obat nyamuk.

Namun, sebelumnya Anda harus pastikan terlebih dahulu agar area luar rumah sudah bersih dari tempat-tempat yang jadi wadah berkembang biaknya nyamuk seperti genangan air. Anda juga harus memotong rumput untuk menghindari tempat teduh dan lembap yang disukai oleh nyamuk.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kekuatan aroma beberapa tanaman yang dapat membantu mengusir nyamuk. Berikut beberapa tanaman yang ampuh mengusir nyamuk, melansir Good House Keeping.

Lihat Juga :  Alasan Toshiba Berhenti Produksi Laptop

1. Lemon balm

Lemon balm menjadi salah satu anggota keluarga tanaman mint. Ia memiliki bunga berwarna putih yang cantik dan aroma lemon yang lembut.

Lemon balm diketahui sangat baik untuk mengusir nyamuk. Anda bisa menanamnya di dalam pot dan taruh di teras rumah Anda.

2. Kucingan (catnip)

Masih dalam keluarga mint, tanaman kucingan mengandung bahan kimia alami yang disebut nepetalactone. Nama terakhir merupakan bahan kimia yang membuat kucing mendekat dan serangga menjauh.

3. Kemangi

Kemangi selalu hadir sebagai salah satu sayur dalam lalapan. Selain sebagai lalapan, kemangi juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa minyak esensial dari kemangi merupakan racun bagi larva nyamuk.

Lihat Juga :  Cara Mencegah Covid-19 pada Orang Pengidap Diabetes

Anda bisa menanam kemangi di sekitar sumber air alami seperti kolam. Dengan begitu, kemangi dapat menekan laju perkembangbiakan nyamuk.

4. Lavender

Tak hanya untuk menenangkan diri, Lavender juga diketahui ampuh mengusir serangga seperti nyamuk. Lavender menjadi cara paling efektif dalam pengendalian hama.

5. Peppermint

Dalam bentuk terkonsentrasi, peppermint sering kali digunakan sebagai penolak serangga. Tak hanya itu, minyak esensial peppermint juga terbukti dapat membunuh larva nyamuk.

6. Sage dan rosemary

Tak hanya dijadikan sebagai bahan bumbu makanan, tanaman sage dan rosemary juga diketahui dapat membantu mengusir nyamuk.

 

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close