LIFESTYLE

5 Buah yang Bisa Bikin Berat Badan Naik

SIBERNAS.com — buah merupakan makanan kaya nutrisi dan antioksidan yang baik untuk tubuh sekaligus makanan sehat yang bisa memengaruhi berat badan, baik naik atau menurunkannya. Yang perlu Anda ketahui adalah memilih buah yang tepat untuk tujuan yang ingin Anda capai.

Beberapa buah memiliki kandungan serat dan air yang sangat tinggi, sedangkan yang lainnya mengandung lebih banyak gula alami, lemak dan juga karbohidrat.

Berikut ini beberapa buah tinggi kalori yang sebaiknya dihindari saat diet:

  1. Pisang

Pisang sering diolah menjadi smoothie dan minuman tinggi kalori. Pisang mengandung tinggi kalium yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak juga dapat menambah berat badan. Selain kalium, pisang juga menjadi salah satu sumber karbohidrat dan kalori yang baik.

Seperti dilansir Healthline, dalam satu buah pisang dengan ukuran 118 gram mengandung kalori sebesar 105 Kkal. Karbohidrat dalam satu buah pisang mencapai 27 gram.

  1. Mangga

Buah mangga memiliki rasa yang manis dengan aroma yang wangi. Kebanyakan sumber kalori buah mangga berasal dari karbohidrat. Dalam satu porsi buah mangga seberat 165 gram mengandung kalori sebanyak 99 Kkal dan karbohidrat sebesar 25 gram.

Lihat Juga :  5 Buah-buahan untuk Kulit Glowing, Mulai dari Semangka

Buah mangga juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik untuk membantu menjaga sistem imunitas tubuh.

  1. Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi dan vitamin E. Buah alpukat juga mengandung antioksidan. Meskipun baik untuk kesehatan, buah alpukat sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena mengandung tinggi kalori karena lemaknya.

100 gram daging buah alpukat mengandung kalori sebesar 161 Kkal. Berbeda dengan buah lainnya, alpukat mengandung protein yakni sebesar 2 gram.

Mengandung kalori yang cukup tinggi, sebaiknya jangan konsumsi buah alpukat dengan susu kental manis. Karena keduanya dapat membuat berat badan naik drastis.

  1. Daging kelapa

Siapa sangka kalau buah kelapa ternyata mengandung kalori yang tinggi. Satu buah daging kelapa dengan berat 28 gram mengandung kalori sebesar 99 Kkal dan karbohidrat sebesar 4,3 gram.

Lihat Juga :  Nikmatnya Cheesecake dan Chocolava dari Omamacake

Selain itu, daging buah kelapa mengandung protein, lemak, serat, mangan dan juga selenium yang sangat baik untuk tubuh.

  1. Kurma

Dikutip dalam Healthline, dalam 24 gram kurma mengandung 66,5 kalori. Jumlah kalori terbesar dalam kurma didapatkan dari karbohidrat sekitar 18 gram.

Hal inilah yang membuat kurma bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Kurma juga mengandung vitamin B6 yang terbukti dapat membantu memproduksi serotonin dan norepinephrine. Zat tersebut dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik.

Menurut Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D., seorang profesor Universitas North Dakota, kurma mengandung zat boron yang dapat memperkuat tulang. Penelitian lain juga menunjukkan mineral seperti fosfor, potasium, kalsium, dan magnesium, yang biasanya ditemukan pada buah-buahan kering juga berkontribusi dalam penguatan tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

Jika ingin mengonsumsi kurma sebaiknya tidak lebih dari tiga butir dalam sehari. Karena kurma termasuk dalam buah tinggi kalori namun tinggi manfaatnya untuk kesehatan.

 

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close