EDUKASI

35 Persen Peminat SMKN 7 Didominasi Program Keahlian DKV

Sibernas.com, Palembang-SMK Negeri 7 Palembang memiliki 8 program keahlian andalan yang bisa menjadi pilihan peminat pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020-2021. Meski demikian, 35 persen peminat PPDB didominasi oleh program keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV).

Siska Anggraini, salah satu peserta PPDB asal MTs Insanul Fitroh Palembang yang mengikuti jalur Tes Minat dan Bakat di SMK Negeri 7 Palembang mengaku bahwa pilihan program DKV merupakan pilihan prioritas yang diinginkan.

“Biar bisa buat poster, periklanan dan bisa melukis,” ujarnya usai mengikuti tes PPDB jalur Minat dan Bakat di SMK Negeri 7 Palembang, Kamis (25/6/2020).

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 7 Palembang H Suparman, SPd, MSi, mengatakan, sekolahnya terkenal dengan teknologi dan seni dengan delapan program keahlian.

Lihat Juga :  Disdik Sumsel Soroti Pembelajaran Jarak Jauh Diterapkan Permanen

Mulai dari program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Pemesinan (TPM), Kriya Kreatif Kayu dan Rotan (KK), Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan (KL), Krita Kreatif Batik dan Tekstil (KT), Seni Lukis (SL), dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

“Pada PPDB tahun ini, 35 persen peminat didominasi DKV, kemudian kedua otomotif. Sebelumnya jalur PMPA sudah kita lakukan dan kali ini tes jalur Minat dan Bakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, tingginya minat jurusan program keahlian DKV kebanyakan peminat karena ketidaktahuan baik calon siswa maupun orangtua yang kemungkinan arahnya untuk langsung bekerja. Atau mungkin jika seni pemahamannya hanya menari atau melukis.

Lihat Juga :  Banyak Wal Murid Gaptek, Pengumuman PPDB SD Ditunda

Padahal menurutnya, banyak program keahlian seni seperti kriya logam, kriya kayu dan kriya lukis banyak memiliki potensi yang besar untuk jadi wirausaha maupun pengusaha.

“Bisa jadi nanti lulusan bisa membatik, buat perabotan maupun juga wirausaha las untuk kriya logamnya,” pungkasnya.

Reporter : Sugiarto
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close