NASIONAL

Viral Ambulans Bawa Pasien Disetop saat Jokowi Lewat, Pihak Istana Meminta Maaf

Sibernas.com,Sampit,  —-Sebuah video yang memperlihatkan mobil ambulans berisi warga  sakit diminta berhenti saat rangkaian mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) melintas di Sampit viral di media sosial.

Video yag diketahui direkam oleh sopir ambulans di salah satu akun X  menunjukkan warga sedang berbaring di bagian belakang dengan didampingi dua orang lainnya di dalam ambulans.Dalam narasinya, mobil ambulans itu diarahkan untuk berhenti dan mematikan sirene saat rangkaian mobil Jokowi lewat. Lokasinya disebut terjadi di Sampit, Kalimantan Tengah.

Menanggapi hal itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Yusuf Permana menyampaikan permohonan maaf atas insiden yang terjadi dilapangan.

Ia berujar, memang sesuai SOP, seharusnya rangkaian pengamanan presiden harus memprioritaskan ambulans hingga mobil pemadam kebakaran.

Lihat Juga :  Mabuk Kecubung, 44 Warga Banjarmasin Dilarikan Kerumah Sakit Dua Diantaranya Meninggal Dunia

“Pada dasarnya, SOP kami untuk ambulans adalah diberikan prioritas utama jalan atau akses, tidak boleh dihambat, termasuk juga mobil pemadam kebakaran,” kata Yusuf dikutip dari detik.com

“Sering kali di jalanan rangkaian kepresidenan menepi dan disalip oleh ambulans karena memang itu adalah prioritas sesuai SOP kami. Oleh sebab itu, atas kesalahan yang terjadi ini kami meminta maaf kepada masyarakat, dan juga keluarga pasien, ” lanjutnya.

Ia menambahkan,  pihaknya juga selalu menekankan tim Setpres untuk selalu memberikan arahan tersebut kepada petugas di wilayah.

“Di lapangan tim adv Kepresidenan selalu memberikan arahan dan informasi kepada tim pengamanan wilayah untuk menerapkan SOP tersebut,” ujarnya seraya kembali meminta maaf atas kejadian video viral tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *