SUMSEL

Menko Polhukam Hadi: Cuma Turunnya hujan Dari langit Tidak Ada Punglinya

SIBERNAS.com, Jakarta  — Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa dari semua aspek kehidupan saat ini potensi terjadinya praktek pungutan liar atau pungli.

Hadi juga mengatakan bahwa yang tidak ada pungli kita lihat secara langsung yaitu turunya hujan dari langit.

“Kalau kita lihat bahwa hampir seluruh aspek kehidupan itu banyak peluang untuk melakukan pungutan liar, yang benar-benar tidak ada pungutan liarnya kalau kita lihat secara langsung hanya satu, yaitu hujan turun dari langit. Ini langsung kita terima, tidak ada pungutan liarnya,” kata Hadi di Rakernas Saber Pungli di Jakarta Pusat, Rabu (12/6).

Dari penyataanya itu hadi mencontohkan pada saat dirinya menjabat menteri agraria dan tata ruang bahwa banyak praktek pungli yang terjadi dilapanga,

Saat itu kata dia, ada masyarakat meminta pelayanan peningkatan status Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM).

“Sesuai dengan aturan hanya Rp50 ribu namun apa yang terjadi di lapangan? Karena sudah menyalahi aturan tadi dan ada juga yag menggunakan kesempatan itu ada yang (minta) Rp3 juta, ada yang Rp10 juta, dan ada yang mungkin terendah Rp1 juta,” ucapnya.

Tambah Hadi, Pentingnya melibatkan masyarakat untuk turut mengawasi agar tidak terjadi pungli, dan masyarakat untuk berani melapor apabila menumkan hal serupa.

“Perlu pengawasan, perlu menerima laporan kita mendengarkan supaya apa yang kita berikan itu supaya benar benar jalan di lapangan. Sekarang di kementerian yang saya tinggalkan sudah bagus,” kata Hadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *