HAJI DAN UMROH

Lepas Kloter 14, Kakanwil Harap Jemaah Kompak dan Taat Aturan

Sibernas.com, Palembang-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan (Kemenag Sumsel) Syafitri Irwan kembali melepas keberangkatan 444 jemaah haji kloter 14 asal Kabupaten Lahat dan Kota Palembang, Kamis (30/5/2024) pagi.

Hadir saat pelepasan, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil, Direktur PT Swarna Dwipa selaku pengelola Asrama Haji Rebo Iskandar Pohan, serta Unsur PPIH.

Syafitri saat melepas keberangkatan kloter 14 mengimbau kepada jemaah haji untuk taat pada aturan dan ketentuan yang ditetapkan serta arahan dari petugas kloter. Hal itu demi untuk kemudahan dan kelancaran pelaksanaan ibadah haji jemaah. Selain itu jemaah diminta pula untuk menjaga kekompakan.

“Saya ingin bapak ibu kompak. Kita sudah membagi kloter ini menjadi rombongan dan regu, tugas karu dan karom mengingat masing-masing anggotanya, dan masing-masing anggota mengingat sesama teman-temannya. Tetaplah jaga kekompakan,” pesan Syafitri.

Untuk kelancaran perjalanan dalam rangka melaksanakan rukun dan wajib haji, ia sampaikan agar para jamaah taat dan patuh pada petugas kloter sebagai pendamping dari Tanah Air sampai ke Tanah Air lagi.

“Mereka adalah orang yang memiliki tanggung jawab besar kepada kita semua jemaah haji. Ini harus saya sampaikan. Slama di Tanah Suci banyak dari kita mungkin merasa bisa berjalan sendiri, melupakan bahwa kita memiliki ketua kloter dan pembimbing ibadah,” tambahnya.

Tak lupa, Syafitri mengingatkan jemaah haji untuk menjaga dokumen-dokumen penting agar tidak hilang atau tercecer.

“Saya juga ingin menyerukan kepada bapak ibu agar menjaga dengan baik dokumen-dokumen penting bapak ibu. Jangan sampai hilang atau terlupa. Itu menyangkut data bapak ibu semua, dibawa dan dijaga ke manapun kita berada,” katanya.

Mengingat cuaca Arab Saudi yang panas, Syafitri kembali mengingatkan jemaah banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Dia juga meminta untuk mengurangi aktivitas di luar hotel dan kegiatan yang kurang bermanfaat.

“Perbanyaklah ibadah, tentu saja yang ramah kesehatan. Kami berdoa jemaah yang berangkat nanti pulang kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat wal’afiat dan meraih haji mabrur,” tuntas Syafitri.

Sementara itu, hari ini PPIH Embarkasi Palembang juga menyambut kedatangan 446 jemaah haji Kloter 15 asal Kabupaten Ogan Ilir dan Kota Palembang. Jemaah Haji asal Palembang tiba lebih dulu kemudian disusul jemaah haji asal Kabupaten Ogan Ilir.

Reporter: Trijumartini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *