KULINER

Kumbu Kacang Merah, Kue Tradisional Palembang Digemari Hingga Bali

Sibernas.com, Palembang-Kuliner Kota Palembang tidak terbatas seputar Pempek dan turunannya saja, tetapi juga ada Kumbu yang jadi makanan bingen yang tetap eksis.

Kumbu yang berbahan dasar kacang merah ini punya banyak nilai gizi yang baik, sehingga wajar saja jika Kumbu Kacang Merah Dwi Olshop ini digemari sampai Bali.

Kumbu kacang merah ini salah satunya diproduksi oleh Dwi Astuti, Owner Dwi Olshop, yang berada di Jalan Padat Karya, Lorong Melati II, Talang Jambe.

Dwi mengatakan, Kumbu buatannya beda dari yang lain karena salah satu bahannya menggunakan susu creamer, tanpa pemanis buatan, sehingga aman dikonsumsi.

“Pertama bahan kacang dipilih yang bagus, susu creamer premium, bagian coklat kelapa dibersihkan agar tidak mudah basi,” kata Dwi.

Membuat Kumbu Kacang Merah ini mudah-mudahan sulit. Bahannya berupa kacang merah, susu creamer, gula dan kelapa muda (setengah tua) parut.

Kacang merah harus direbus dengan air mendidih sampai lembut, baru diangkat dan sisihkan Lalu kacang merah digiling (lebih baik dengan penggiling daging agar tetap ada tekstur kacang). Setelah itu campurkan dengan susu creamer.

Setelah tercampur masukkan gula, lalu kelapa parut, aduk rata dan disangrai di atas api dengan api cenderung sedang.

“Kadang habis 100 loyang perhari, harganya relatif murah 75 ribu free ongkir seluruh Palembang mulai Km 20 sampai Tegal Binangun,” katanya.

Penggemar Kumbu ini ternyata tak hanya warga Palembang saja, tetapi pemesannya juga ada dari Babat Toman Musi Banyuasin, hingga pulau Bali.

Dwi mengatakan, mulai berjualan Kumbu Kacang Merah ini dari 2022. Dengan ide dan resep tidak dari YouTube, sehingga rasanya lebih premium dibandingkan yang lainnya.

“Jika sedang ramai bisa menghabiskan kacang merah 30 kg. Produksi sesuai orderan agar tetap fresh,” katanya.

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *