PALEMBANG

Ratusan Titik Lampu Jalan Mati, Perkimtan Diminta Gerak Cepat

Sibernas.com, Palembang-Lampu jalan mati dan blank spot atau kawasan belum dipasang lampu jalan masih menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Kota (Pemko) Palembang.

Lampu jalan mati bahkan dikeluhkan tidak hanya di perumahan dan kawasan pinggiran kota, namun juga di tengah kota seperti di bawah jalur Light Rail Transit (LRT) dan Jalan Kolonel Haji Burlian (KM 7) dan di Jalan Dwikora 1 dekat kawasan Kantor Gubernur Sumsel.

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, permasalahan lampu jalan ini ada yang belum terpasang di jalan tertentu, ada pula yang kondisinya rusak.

“Tahun ini kita akan ada penambahan pemasangan baru sebanyak 35 ribu titik lampu,” ujar Dew, Jumat (10/5/2024).

Lihat Juga :  Contraflow Timbulkan Titik Kemacetan Baru

Dari 53 ribu titik lampu yang terpasang di Kota Palembang, pastinya tidak seluruhnya dalam kondisi baik. Dewa sudah meminta setiap kecamatan untuk memetakannya supaya ada pemerataan.

“Baru-baru ini saya turun langsung ke Kecamatan Kalidoni, itu ternyata ada 430 titik yang perlu perbaikan dan ada yang perlu pemasangan baru,” katanya.

Berdasarkan laporan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kota Palembang, sejak 30 April – 7 Mei, setidaknya sudah ada 77 titik lampu yang diperbaiki.

Perbaikan ini berdasarkan dari laporan warga, penelusuran Perkimtan dan giat penelusuran Penerangan Jalan Umum (PJU) oleh PJ Walikota Palembang.

Sebelumnya Dinas Perkimtan Kota Palembang menyampaikan jumlah lampu jalan di Kota Palembang ada sebanyak 52,525 titik pada tahun 2023.

Tahun lalu lampu jalan yang mengalami kerusakan dan butuh perbaikan 7032 titik. Dari jumlah yang rusak itu, sudah dilakukan perbaikan sepanjang 2023 lebih dari 4000 titik.

Sisanya sekitar 2222 titik belum perbaikan lanjutan tahun ini, termasuk soal penambahan titik lampu jalan baru karena masih banyak juga di Kota Palembang yang blank spot lampu jalan.

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *