PALEMBANG

Angkutan Lebaran 2024, Jumlah Pelanggan di Divre III Palembang Meningkat 18 Persen Dibanding 2023

Sibernas.com, Palembang-Masa Angkutan Lebaran 2024 di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang yang ditetapkan mulai 31 Maret hingga 21 April 2024 telah berakhir. Selama 22 hari tersebut, KAI Divre III telah melayani 69.950 pelanggan yang berangkat dari seluruh Stasiun di Divre III Palembang.

Stasiun Kertapati sebagai stasiun yang paling banyak naik dan turun penumpang, 32.241 penumpang naik dan 21.143 penumpang turun di stasiun Kertapati, diikuti stasiun Lubuklinggau, Lahat, Prabumulih, Muara Enim, Tebing Tinggi Payakabung dan Kota Padang.

Manager Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, okupansi ini mengalami peningkatan rata-rata sebesar 18% jika dibanding masa Angkutan Lebaran 2023, yang berjumlah 59. 250 pelanggan yang berangkat.

Dia mengatakan, peningkatan volume penumpang di Angkutan Lebaran 2024 dipengaruhi adanya penambahan rangkaian kereta Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang dari tanggal 3 sampai dengan 18 April dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) dari tanggal 31 Maret sampai dengan 21 April 2024. KAI Divre mengoperasikan KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP) dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP).

Lihat Juga :  Kurban 12 Sapi, Ratu Dewa Ajak Teladani Arti Berkurban

Di masa angkutan lebaran 2024, penumpang arus mudik terjadi pada 6 April 2024 atau H-4 lebaran dengan jumlah 3.413 penumpang, sedangkan pada masa arus balik penumpang tertinggi pada tanggal 12 April 2024 atau H+1 lebaran, yang tercatat 3.573 penumpang sekaligus tercatat sebagai tanggal keberangkatan tertinggi selama masa angkutan lebaran tahun 2024.

KAI Divre III Palembang mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang mendukung KAI dalam melayani pelanggan di masa angkutan lebaran 2024. Seperti halnya penjagaan keamanan dari TNI/Polri di Stasiun dan jalur KA, dukungan Forkompinda, BUMD dan swasta dalam pelaksanaan mudik gratis lebaran menggunakan kereta api, rekan-rekan media cetak, online dan elektronik serta komunitas pencinta KA yang turut membantu memberikan informasi pelayanan selama masa angkutan lebaran.

“Kelancaran arus mudik dan balik di wilayah KAI Divre III merupakan peran dari seluruh pihak yang mendukung,” ujar Aida, Rabu (24/4/2024).

Aida mengungkapkan bahwa dukungan ini juga yang mempengaruhi peningkatan okupansi pelanggan yang memilih transportasi KA sebagai pilihan utama disaat masa Angkutan Lebaran 2024. Baik dari sisi keselamatan, keamanan, ketepatan waktu, fasilitas, dan utamanya mengurangi tingkat kecelakaan pada transportasi darat lainnya.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *