LIFESTYLE

Cara Menaikkan Trombosit Saat Terkena Demam Berdarah

SIBERNAS.com —Demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang memicu penurunan kadar trombosit dalam tubuh. Penurunan kadar trombosit diikuti dengan sejumlah gejala, seperti rasa lelah berlebihan, mudah memar, dan gusi berdarah. Untuk meningkatkan kadarnya, kamu bisa mengonsumsi makanan

Demam berdarah atau DBD adalah penyakit yang menular melalui nyamuk yang terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia. Gejala DBD yang umum adalah demam tinggi dan gejala seperti flu.

Sementara itu, pada DBD yang parah, kondisi ini bisa menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba (syok) dan bahkan kematian.

Jutaan kasus infeksi demam berdarah dengue terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya. DBD paling sering terjadi di Asia Tenggara, pulau-pulau Pasifik barat, Amerika Latin dan Afrika.

Berikut ada beberapa cara untuk menaikkan trombosit

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Folat

Pengidap demam berdarah perlu mengonsumsi makanan tinggi folat untuk meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Setidaknya, orang dewasa membutuhkan 400 mikrogram (mcg) folat setiap hari, sedangkan wanita hamil membutuhkan 600 mikrogram.

Jangan konsumsi secara berlebihan, karena justru dapat menurunkan manfaat yang seharusnya didapatkan. Berikut adalah beberapa jenis makanan dengan tinggi kandungan folat:

Sayuran berdaun hijau gelap.

Hati sapi.

Kacang polong dan kacang tanah.

Sereal dengan susu.

Alpukat.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Jika kadarnya terlalu rendah, kondisi tersebut memicu penurunan kadar trombosit. Seseorang di atas 14 tahun membutuhkan 2,4 mikrogram vitamin B12 setiap harinya. Sedangkan wanita hamil dan menyusui membutuhkan asupan tersebut hingga 2,8 mikrogram.

Vitamin B12 terkandung dalam produk hewani, termasuk:

Daging sapi dan hati sapi.

Telur.

Susu dan produk olahannya.

Ikan-ikanan, termasuk kerang, trout, salmon, dan tuna.

3. Konsumsi vitamin C

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C bisa menjadi cara menaikkan trombosit dengan cepat dan alami. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan kaya vitamin C seperti kiwi.

Kiwi kaya akan vitamin C dan merupakan tambahan yang bagus untuk diet rendah trombosit. Vitamin C mendukung fungsi normal trombosit, seperti berkumpul (agregasi) dan menempel (adhesi).

Makanan tambahan yang tinggi vitamin C antara lain cabai merah, brokoli, stroberi, kubis Brussel, dan buah jeruk, seperti jeruk dan grapefruit.

4. Konsumsi kacang-kacangan
Ilustrasi. Cara menaikkan trombosit dengan cepat dan alami pada pasien DBD adalah konsumsi makanan kaya folat seperti kacang merah. (iStockphoto/piyaset)
Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan folat seperti kacang-kacangan, kacang polong hitam, dan kacang merah juga bisa membantu menaikkan trombosit dengan cepat dan alami untuk pasien DBD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *