LIFESTYLE

Amankah Balita Makan Buah Durian, Ini Penjelasanya

SIBERNAS.com – Memilih buah untuk Si Kecil yang berusia 1-3 tahun memang tidak boleh sembarangan, meskipun pada dasarnya semua buah mengandung vitamin dan mineral. Buah yang bergizi tinggi buatmu, belum tentu bermanfaat bagi mereka,

Salah satu buah buah yang memiliki banyak pengemar yakni buah durian karena rasa dan aromanya membuat orang tergiur.

Daging buah durian memiliki tekstrur yang lembut namun menjadi pertanyaan apakah semuah kalangan termasuk anak kecuk boleh untuk mengkonsumsi buah durian?.

Kandungan gula terdapat buah durian terbilang tinggi. Pasalnya, durian mengandung berbagai macam jenis gula sederhana, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula darah pada Si Kecil. Jika durian dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan, Si Kecil bisa saja berisiko mengalami obesitas.

Terlepas dari beragam nutirisi dan manfaat yang terdapat di dalamnya. Mama perlu ketahui bahwa perut anak balita belum dapat mencerna kandungan nutrisi tinggi yang terdapat dalam buah durian.

Mengonsumsi sebagai bahan makanan sehari-hari mungkin perlu pengawasan. Namun jika hanya memberikan sesuap, sekadar untuk mencoba rasanya saja tentu balita diperbolehkan.

– Bahaya memberikan durian untuk anak balita

Durian memiliki serat yang tinggi. Bagi balita, mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat mendatangkan gangguan pencernaan, perut kembung, bahkan sembelit.

Durian sendiri merupakan buah yang panas. Sedangkan sistem pencernaan milik anak masih terbatas. Akan sulit bagi si Kecil untuk mencerna buah durian yang mereka makan sebelumnya.

Buah berduri ini juga memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, dan balita belum membutuhkannya. Kebutuhan gula balita dapat dipenuhi cukup melalui ASI dan susu formula saja. Gula berlebihan malah dapat membuat terjadinya obesitas atau penyakit ginjal, berbahaya sekali ya.

– Usia berapa Mama boleh memberikan anak durian

Terlepas dari bahaya yang dapat ditimbulkan dari mengonsumsi durian, tidak selamanya kok si kecil dilarang makan durian. Ketika memasuki usia 2-3 tahun, mereka boleh mulai berkenalan dengan buah ini.

Di usia 2 tahun anak mama dapat mulai mengonsumsi durian, tapi tetap ada batasan yang perlu Mama perhatikan.

Pada kesempatan pertama, berikan anak balita durian dengan porsi kecil dan tidak berlebihan. Berika sesuap atau dua suap pada anak. Biarkan pencernaan mereka berkenalan dengan buah durian yang aromanya super melekat ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.