PALEMBANGPENDIDIKAN

Al Furqon Fantastic Competition Tahun 2024 Digelar, Gali Potensi dan Kreativitas Siswa

SIBERNAS.com, Palembang –Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Furqon menggelar Al Furqon Fantastic Competititon Tahun 2024 bertempat di SMA Islam Terpadu Al Furqon, Kamis (22/4/2024).

Kepala SMA Islam Terpadu Al Furqon Mahyudi,MPd mengatakan, hari Sekolah Islam Terpadu Al Furqon melaksanakan Al Furqon Fantastic Competititon Tahun 2024 edisi ke-9 di SMA Al Furqon. Temanya intelektual, religius dan kreatif.”Ada 13 cabang lomba, yakni 4 lomba tingkat SMA dan 9 lomba tingkat SMP,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, kegiatan ini untuk memperebutkan piala Gubernur. “Kita sudah koordinasi dengan Dinas Pendidikan, dan mereka mengizinkan melaksanakan menggelar kembali konsep piala Gubernur. Kita juga rutin tahun selanjutnya kegiatan serupa akan terus kita laksanakan,” katanya.

Mahyudi menuturkan, untuk kegiatan ini juga sebelumnya melakukan kegiatan One Day With Profesor. Kegiatan One Day With Professor mendatangkan profesor.

“Kebetulan kita undang yang pernah memberikan penghargaan inovasi Government award kepada SMA Al Furqon sebagai sekolah inovatif yang menghasilkan banyak karya-karya inovasi melalui kegiatan program One Day With Profesor. Kemudian kegiatan ini juga sebenarnya menjadi ajang tahunan buat sekolah karena kami memasukkan unsur kegiatan Proyek Profil Penguatan Pelajar Pancasila (P5). Di mana anak-anak itu berwirausaha konsepnya. Kemudian kedua kegiatan mereka pameran karya berbasis teknologi dan rekayasa serta banyak lagi,” bebernya.

Lihat Juga :  Ciptakan Sejarah, UIN Raden Fatah Palembang Kukuhkan 9 Guru Besar

“Disini juga ada karya berbasis teknologi dan rekayasa. Kemudian mereka juga memasukkan unsur kegiatan-kegiatan yang bersifat luar biasa ilmiahnya,” tambahnya.

Mahyudi menerangkan, untuk perlombaan juga diikuti sekolah lain. Ada dari sekolah dari luar Palembang seperti dari Banyuasin, Sembawa,Lahat, Muba, Lubuklinggau dan lainnya. “Jadi perlombaannya diikuti sekolah sekolah Sumsel,” ucapnya.

Dia menuturkan, kegiatan tahunan tidak boleh dilewatkan. Jadi outputnya anak-anak mereka dapat menggali potensi mereka khususnya di sekolah. Karena ini bagian dari rangkaian kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Mereka menunjukkan kreativitas seperti tadi ada tampilan menyanyi, menari Itu juga salah satunya. Kemudian kedua ada tampilan mereka yang berwirausaha. Jadi mereka belajar berwirausaha. Selain itu, jiga ada anak-anak kami yang membuat rekayasa teknologi tentang penelitian penelitian ilmiah. Jadi ini semua rangkaian puncak dari event pembelajaran SMA Al Furqon,” tuturnya.

Lihat Juga :  UIN Raden Fatah Palembang Kukuhkan 9 Guru Besar

“Kita berharap smoga acara ini menunjukkan ke intelektual baik itu peserta lomba maupun anak murid SMA Al Furqon. Kemudian menunjukkan juga bahwa lingkungan kita yang religius. Dan nuansa religiusnya terpancar dalam semua kegiatan. Kemudian kreativitas semakin tergali karena anak-anak juga menunjukkan kreativitas entah dari itu bentuk tampilan atau bentuk lainnya,” pungkasnya.

Reporter : Yanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.