NASIONALPOLITIK

Masuk Kabinet, AHY Dilantik Jadi Menteri ATR

Agus Harimurti Yudhoyono. (FOTO: IST).

Sibernas.com, Jakarta-Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY akan dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (21/2/2024). Posisi ini sebelumnya diisi oleh Hadi Tjahjanto yang juga akan dilantik sebagai Menko Polhukam.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, sumber dari Istana menyebutkan bahwa pelantikan Hadi dan AHY sebagai menteri di kabinet Indonesia Maju Jokowi digelar pukul 11.00 WIB.

Ini adalah pertama kalinya AHY masuk ke jajaran eksekutif di pemerintahan. AHY belum pernah juga menjabat sebagai pejabat publik baik di tingkat kabupaten/kota atau provinsi.

AHY pernah maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta bersama Sylviana Murni pada 2017 silam. Namun, usaha itu gagal. Pada 2019, AHY juga pernah disebut-sebut akan masuk ke kabinet Jokowi-Ma’ruf sebagai Menpora. Namun, isu itu tak terealisasi.

AHY bahkan sempat digadang-gadang akan menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Koalisi Perubahan mendampingi Anies Baswedan. Namun, itu pun tak terlaksana.

Lihat Juga :  RPS Palembang Baik Dukung Ratu Dewa Maju di Pilwako Palembang 2024

Anies justru berpasangan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Hal itu membuat AHY memboyong partainya untuk pindah koalisi merapat dengan Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo-Gibran.

AHY baru akan berusia 45 Tahun pada 10 Agustus tahun ini. AHY meniti awal kariernya di dunia militer. Dia juga menempuh pendidikan militer di Akademi Militer dan menjadi lulusan terbaik pada 2000.

Setelah lulus, AHY mengikuti Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri dan Kursus Combat Intel pada 2001. Ia lalu bergabung dengan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Pada tahun 2002, AHY menjadi perwira Brigif Linud 17 Kostrad. Dia sempat menjadi Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak yang ditugaskan dalam Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh yang penuh risiko. Di sana, AHY terpilih sebagai Komandan Tim Khusus (Dan Timsus).

Peraih Bintang Adi Makayasa itu juga sempat bertugas sebagai perwira seksi operasi kontingen Garuda XXIII-A dalam misi perdamaian di sepanjang perbatasan Israel dan Lebanon.

Pada 2007, AHY mendapat promosi sebagai komandan kompi (danki) di Yonif Linud 305/Tengkorak. Selain aktif di militer secara langsung, AHY turut membantu mendirikan Universitas Pertahanan.

Pada 2015, AHY kembali melanjutkan pendidikannya di AS. Dia meraih predikat Summa cumlaude di Fort Leavenworth.
Tahun 2020, AHY mulai intens di dunia politik. Dia dipilih sebagai Ketum Demokrat dalam kongres ke-V. Selama dia menjabat, partainya sempat digoyang oleh kubu Moeldoko.

Moeldoko cs berupaya mengambil alih Partai Demokrat. Namun, upaya itu gagal. Sampai saat ini, Partai Demokrat masih di bawah AHY.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.