LIFESTYLE

Miliki Daya Tarik Tinggi, Berikut Jenis Ikan Discus yang Populer Beserta Harganya

Ikan discus adalah salah satu jenis ikan hias yang berasal dari air tawar. Daya tarik ikan berjuluk King of Aquarium ini ada pada ragam warna dan coraknya yang indah.

Ikan discus merupakan salah satu spesies ikan hias yang cukup populer dan banyak digemari oleh para pecinta aquarium.

Namun, terdapat beberapa jenis ikan discus termahal yang membuat banyak orang berpikir keras sebelum membelinya.

Berikut ini Ada bebera jenis ikan discus yang populer beserta harganya;

1. Pigeon Blood Discus

Jenis ikan discus pertama yang sering kita temui adalah ikan discus pigeon blood. Jenis ikan discus yang satu ini pertama kali dibesarkan di negara Thailand pada 1980-an dan disebut dengan nama ikan discus mata merah gelap yang menyerupai rubi atau darah merpati.

Memiliki corak bergaris tidak lurus berwarna oranye seperti sarang lebah, salah satu daya tarik tersendiri bagi ikan discus pigeon blood.

Harga dari ikan discus pigeon blood rata-rata berkisar Rp500.000,- hingga Rp1.000.000,- per ekornya.

ikan discus

2. Blue Discus

Ikan blue discus atau ikan discus berwarna dasar biru lumayan banyak digemari juga oleh para penggemarnya. Karena memiliki warna dasar biru solid dan disebut mirip dengan kobalt.

Memiliki corak bergaris membujur biru yang membentang secara horizontal menjadi keunikan tersendiri dan pastinya membuat aquarium Teman SDI lebih menyala dengan menambahkan ikan discus yang satu ini.

Harga dari ikan discus blue atau blue discus rata-rata berkisar Rp90.000,- hingga Rp300.000,- per ekornya.

Ikan Discus

3.Red Melon Discus

Ikan Discus

Ikan discus selanjutnya adalah red melon discus. Didominasi dengan warna merah yang pekat pada seluruh tubuhnya, ikan discus yang satu ini selalu terlihat terang menyala baik siang ataupun malam yang dibantu oleh sinar atau cahaya dari lampu aquarium.

Ikan discus red melon tidak memiliki corak seperti ikan discus lainnya, tetapi ikan discus red melon terdapat aksen kuning kemerahan pada bagian kepalanya. Jenis ikan discus red melon tidak jauh menarik juga jika di pelihara di dalam aquarium Teman SDI.

Harga dari ikan discus red melon atau red melon discus rata-rata berkisar Rp100.000,- hingga Rp300.000,- per ekornya.

4. Snake Skin Discus

Ikan Discus

Ikan discus yang dikenal menyerupai ular ini, ternyata terdapat garis corak vertikal dengan warna biru dan merah yang hampir mirip seperti ular, maka dari itu disebut dengan snake skin discus.

Termasuk ikan discus yang sering dijadikan sebagai uji coba dalam kawin silang karena memiliki warna dan bentuk corak yang unik dari ikan discus lain.

Harga dari ikan discus snake skin atau snake skin discus rata-rata berkisar Rp100.000,- hingga Rp750.000,- per ekornya.

5. Brilliant Turquoise Discus

Ikan Discus
Images: commons.wikimedia.org

Jenis ikan discus selanjutnya yang tidak kalah menarik dengan jenis ikan discus lainnya adalah brilliant turquoise discus. Memiliki corak yang lumayan cukup banyak dan hampir corak vertikalnya terlihat seperti menutupi seluruh tubuhnya dengan warna variasi biru dan oranye kemerahan membuat daya tari tersendiri.

Harga dari ikan discus brilliant turquoise rata-rata berkisar Rp80.000,- hingga Rp350.000,- per ekornya.

6. Cobalt Discus

Jenis ikan discus cobalt memiliki warna biru royal seperti biru muda dan di dominasi seperti warna putih yang terang dengan kilauan atau kilapan berwarna biru terang. Jika ikan discus cobalt beraktivitas di dalam aquarium, Teman SDI akan melihat kilapan dari pantulan lampu aquarium kepada tubuhnya tersebut.

Ikan Discus
Memiliki corak garis vertikal dibagian kepalanya membuat ikan discus cobalt ini sangat diminati oleh kalangan pecinta ikan hias.

Harga dari ikan discus cobalt rata-rata berkisar Rp80.000,- hingga Rp600.000,- per ekornya.

7. Yellow Panda Discus

Ikan Discus

Ikan discus yellow panda memiliki warna kuning cerah atau terang yang terlihat luar biasa di bawah pencahayaan lampu aquarium akan menambah tampilannya menjadi semakin lebih menarik.

Sirip yang dimiliki oleh ikan discus yellow panda ini biasanya berwarna terpisah, dengan campuran motif warna oranye kekuningan yang menonjol pada ujung siripnya.

Harga dari ikan discus yellow panda rata-rata berkisar Rp100.000,- hingga Rp300.000,- per ekornya.

8. Blue Mercury Discus

Ikan Discus
Ikan discus blue mercury dianggap sebagai varietas solid dengan sisik berkilauan. Ekor dari jenis ikan discus yang satu ini cukup unik yaitu transparan, dengan sirip berwarna biru cerah.

Kepala blue mercury discus berwarna krem, dan tubuhnya ditutupi sisik biru dan putih mengkilap yang tampak bersinar jika ditambahkan dengan lampu aquarium.

Harga dari ikan discus blue mercury rata-rata berkisar Rp250.000,- hingga Rp500.000,- per ekornya.

 

10. Millennium Golden Discus

Jenis ikan discus yang sangat populer dan tentunya banyak yang menggemari karena warnanya yang cerah adalah ikan discus millennium golden.

Ikan Discus

Millennium golden discus memiliki warna kuning tua pekat dengan nuansa krem di kepala dan pada ujung siripnya. Hampir sama dengan jenis ikan discus yang lainnya yaitu ikan discus yellow panda.

Harga dari ikan discus millennium golden lumayan sangat mahal, rata-rata berkisar Rp600.000,- hingga Rp15.700.000,- per ekornya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.