NASIONAL

Beras Premium tak Ada di Ritel, ini Jawaban Mendag Zulkifli Hasan

Sibernas.com, Jakarta, —–Menyoroti persoalan kenaikan harga beras yang kian tak terbendung, baik di pasar tradisional maupun ritel modern. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan, sejauh iniu sebagian ritel modern tidak menjual beras premium karena harganya yang melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET). Hal itu disampaikannya usai meninjau harga beras di Transmart Cempaka Putih, Jakarta, Senin (19/2/2024) kemarin.

Disebutkan olehnya, HET beras premium saat ini dipatok dengan kisaran harga sebesar Rp 69.500. Hanya saja harga beras premium di pasaran kini mencapai Rp 80 ribu per lima kilogram (kg). Meski begitu, kata dia, masih ada beberapa ritel modern yang tetap menjual beras premium. Hanya saja dengan harga di atas HET yang ditetapkan.

Lihat Juga :  MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres 2024 dari Anies-Cak Imin!

Ia menyebutkan, tingginya harga beras salah satunya karena fenomena El Nino yang menyebabkan panen tertunda. Akibatnya, pasokan beras premium berkurang.

Guna mengatasi itu, pemerintah mempercepat distribusi beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dari Bulog. HET yang ditetapkan untuk beras tersebut sebesar Rp 54 ribu per lima kg.

Diharapkan, dengan adanya peningkatan ketersediaan stok beras dari Bulog, terutama SPHP dapat memenuhi permintaan pasar secara lebih baik. Ia pun mengajak masyarakat membeli beras SPHP sebagai pengganti beras premium yang harganya tengah naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.