EKONOMI

Lantai SPC dan WPC, untuk Hunian Nyaman Sebaiknya Pilih Mana?

Lantai kayu SPC (Stone Plastic Composite) dan WPC (Wood Plastic Composite) adalah dua pilihan premium untuk rumah modern, dengan perbedaan dalam komposisi, kekuatan, ketahanan terhadap air, tampilan, pemasangan, dan kenyamanan.

Banyak rumah masa kini yang mulai beralih dari lantai keramik ke model lantai kayu. Bila Anda mengira lantai kayu hanyalah vinyl, maaf jawabannya kurang tepat. Selain vinyl, masih tersedia lantai SPC dan WPC yang sama premiumnya. Keduanya memang serupa tapi jika dilihat lebih saksama, terdapat sejumlah perbedaan.

Perbedaan lantai SPC dan WPC ini bisa menjadi bahan acuan bagi Anda yang tertarik ganti lantai kayu rumah. Kira-kira mana yang paling tepat dan relevan bagi Anda? Yuk, simak perbedaan lamyai SPC dan WPC untuk hunian berikut ini!

Apa itu lantai kayu SPC dan WPC?

Sebelum membahas lebih jauh, mari kenali lantai kayu SPC dan WPC terlebih dahulu. Dimulai dari SPC atau Stone Plastic Composite, terbuat dari campuran serbuk batu kapur, PVC, serta bahan pengisi khusus lainnya. lantai SPC menyajikan kepadatan dan kekuatan yang luar biasa.

Kandungan batu kapur SPC memberikan daya tahan tinggi terhadap goresan, tekanan, dan deformasi. Selain itu, lantai SPC juga dikenal sebagai lantai pilihan yang sangat tahan terhadap air, sehingga menjadikannya cocok untuk penggunaan di berbagai area, termasuk ruangan dengan kelembaban tinggi.

Sementara itu, lantai kayu WPC atau Wood Plastic Composite mampu menciptakan korelasi antara keindahan kayu alami dan teknologi modern. Bahan untuk membuatnya terbuat dari campuran serat kayu atau bubur kayu, PVC, dan bahan pengisi lainnya, lantai WPC memberikan tampilan yang hangat dan alami, meniru kecantikan kayu asli.

Fleksibilitasnya dalam pemasangan membuatnya dapat diaplikasikan di berbagai permukaan, termasuk yang memiliki kekurangan kecil. Lantai WPC juga menawarkan ketahanan yang baik terhadap tekanan, menjadikannya pilihan yang cocok untuk ruangan dengan aktivitas moderat. Selain itu, lantai WPC memiliki isolasi termal yang baik dan mampu meredam suara, menciptakan lingkungan yang nyaman dan tenang di dalam ruangan.

Perbedaan lantai kayu SPC dan WPC

Sedikit review, lantai kayu SPC atau Stone Plastic Composite dan WPC atau Wood Plastic Composite adalah dua jenis penutup lantai dengan perbedaan komposisi. Selengkapnya, simak ulasan berikut:

Komposisi Bahan

SPC: Terbuat dari campuran serbuk batu kapur, PVC, dan bahan pengisi lainnya. Kandungan batu kapurnya membuat lantai ini lebih padat dan kokoh.

WPC: Terdiri dari campuran serat kayu atau bubur kayu, PVC, dan bahan pengisi lainnya. Kandungan kayu memberikan tampilan yang lebih mirip kayu alami.

Kekuatan dan Kepadatan

SPC: Lebih padat dan ringan dibandingkan WPC. Kekuatan dan ketahanannya terhadap goresan dan tekanan tinggi.

WPC: Lebih ringan dan elastis. Kandungan kayu memberikan tekstur yang lebih hangat dan tampilan yang lebih alami.

Ketahanan terhadap Air

SPC: Lebih tahan terhadap air sehingga cocok untuk area dengan kelembaban tinggi seperti kamar mandi atau dapur.

WPC: Meski memiliki tingkat ketahanan terhadap air yang baik, tetapi tidak sebaik SPC. Sebaiknya dihindari penggunaan di area yang sering terkena air.

Tampilan dan Gaya

SPC: Lebih cenderung memiliki tampilan yang lebih modern dan kontemporer. Pola dan warnanya lebih seragam.

WPC: Menampilkan tampilan yang lebih hangat dan alami karena kandungan kayunya. Tersedia dalam berbagai tekstur dan warna.

Pemasangan

SPC: Lebih mudah dipasang dan dapat ditempatkan langsung di atas permukaan yang ada.

WPC: Lebih fleksibel dan dapat mengatasi ketidakrataan permukaan yang kecil.

Kenyamanan dan Suara

SPC: Lebih keras dan memiliki suara tapak yang khas saat berjalan.

WPC: Lebih lunak dan dapat meredam suara tapak.

Nah, jadi itulah perbedaan singkat lantai kayu SPC dan WPC. Dengan begitu, Anda bisa menentukan kebutuhan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik ruangan dan preferensi pribadi. Sebagai saran, jika Anda ingin mewujudkan tampilan rumah yang nyaman, lantai kayu SPC adalah jawaban tepat.

Kendati demikian, produk SPC dan WPC di setiap toko berbeda, baik kualitas, tampilan, hingga harga yang ditawarkan. Nah, untuk mendapat penawaran terbaik, Anda bisa menghubungi Courtina. Produsen kayu tangan pertama eksklusif ini punya lantai kayu SPC dan WPC kualitas nomor satu. Harga papan kayu di sini pun kompetitif!

About Courtina

Perusahaan industri yang bergerak di bidang pengolahan kayu dengan orientasi ekspor sejak tahun 1994. Mengkhususkan diri dalam Solid Finished Flooring TNG 4S, Lantai Tangga Kayu, Decking, Panel Dinding dan Komponen Perumahan lainnya.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.