PALEMBANG

BLUD UPTD PIP2B Dan Jakon DISPERKIM Sumsel Dilaunching, Ini Hal Yang Disampaikan

SIBERNAS.com, Palembang -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemen PUPR RI) dalam hal ini diwakili oleh Kepala Balai jasa Konstruksi Wilayah 2 Kemen PU PR RI Nanan Abidin menghadiri dan melaunching secara resmi acara Launching Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Informasi Pengembangan Permukiman dan Bangunan dan Jasa Konstruksi (UPTD PIP2B Jakon) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bertempat di grandballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (1/2/2024).

Turut hadir di dalam kegiatan ini Penjabat Gubernur Sumsel dalam hal ini Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan E.Keu) dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel Ir Basyaruddin Akhmad, M.Sc, Kepala Pelaksana Tugas DISPERKIM Provinsi Ir H Novian Aswardani, S.T., M.M., IPM., ASEAN.Eng, Kepala UPTD PIP2B dan Jakon DISPERKIM Provinsi Sumsel Mualimah Gustini, S.T.,M.Si, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, Muhammad Affandi, ST., M.Sc, dan undangan lainnya serta para pendukung kegiatan ini.

Kepala Balai jasa Konstruksi Wilayah 2 Kemen PU PR RI Nanan Abidin mengatakan, Kemen PUPR RI hadir bukan hanya di beberapa provinsi tapi khususnya di Sumsel, dengan terbentuknya BLUD semoga ini juga mendapatkan atau memberikan pelayanan kepada masyarakat secara lebih efektif, efisien maupun ekonomis.

Selain itu juga transparan, dan bertanggung jawab terhadap bidang, memperhatikan asas keadilan patukan, dan manfaat sejalan dengan bisnis proses yang handal. Untuk membentuk pencapaian tujuan pemerintah daerah yang pengelolaannya dilakukan berdasarkan, di mana ini di amanat sesuai dengan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2009 tentang BLUD.

“Ini penting terkait dengan terbentuknya BLUD ini, pengembangan inovasi dan teknologi yang mana di titik beratkan pada meningkatkan efisien dan produktivitas, meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan transparansi akuntabilitas dan juga menghadapi tantangan, dan perubahan,” ujarnya.

Lihat Juga :  Bacagub Mawardi Yahya-Harnojoyo Kunjungi Mantan Gubernur H Alex Noerdin di Lapas Pakjo

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sumsel dalam hal ini diwakili Asisten II Bidang E.Keu dan Pembangunan SETDA Provinsi Sumsel Ir Basyaruddin Akhmad, M.Sc mengatakan, sejalan dengan arah kebijakan penyelenggaraan jakon yang merupakan salah satu faktor strategis pendukung tercapainya pembangunan nasional, maka diperlukan kreativitas, dan inovasi-inovasi baru khususnya di bidang ke Pekerjaan Umum (PU)-an.

Hal ini selaras juga dengan visi dan misi pembangunan daerah kita yang bertujuan menciptakan Sumsel Berdaya Saing, Berkeadilan, dan Berkelanjutan.

“Ini juga menjadi perhatian kita ke depan, karena ke depan kita harus semaksimal mungkin menggunakan ide-ide kreatif dalam mekanisme pembiayaan. Ini perlu teman-teman pemerintah daerah belajar untuk nanti ke depan untuk meminimalisasi dana-dana APBD dan menggunakan non dana-dana APBD. Dan ini kita juga apresiasi, nanti terutama DISPERKIM yang erat kaitan dengan Dirjen PJPI yang ini sudah membuka hubungan untuk pelatihan-pelatihan bisa direalissikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala PLT Disperkim Provinsi Sumsel Ir H Novian Aswardani, S.T., M.M., IPM., ASEAN.Eng, dengan didampingi Kepala UPTD PIP2B Jakon DISPERKIM Provinsi Sumsel Mualimah Gustini, S.T.,M.Si menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Penjabat Gubernur Sumsel, Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR yang telah menghadiri acara “Launching BLUD UPTD PIP2B dan Jakon” Disperkim Provinsi Sumsel yang telah berkenan hadir di dalam undangan kami ini.

Pembentukan BLUD ini melalui proses yang cukup panjang, rumit, dan memerlukan kerja keras dalam team work lingkup UPTD, sinkronisasi dan koordinasi dari berbagai pihak.

“Mulai dari pembentukan tim penilai BLUD yang terdiri dari instansi di jajaran pemprov Sumsel seperti Biro Perekonomian, BPKAD, Bappeda, Biro Organisasi dan lainnya yang membantu pembentukan BLUD ini,” katanya.

Lihat Juga :  GPPMS Gelar Aksi Pemilu Damai 2024

Dilanjutkannya, di sini dapat kami sampaikan juga, giat launching hari ini sejalan dengan launching dari BLUD Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Sekayu, dan BLUD SMK Negeri 1 Belitang III yang ada di bawah Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel. Bahwa BLUD UPTD PIP2B dan Jakon ini merupakan BLUD Bidang Konstruksi pertama di Indonesia.

Sebagai BLUD pertama bidang konstruksi di Indonesia, hal ini menjadi tantangan dan perlu kerja keras ekstra bagi seluruh tim dalam BLUD, karena ibarat bayi yang baru lahir, kami harus mencari cara untuk belajar berjalan, bertumbuh kembang, berusaha survive dan berupaya agar bayi kecil ini dapat tumbuh sehat, aman, sejahtera sepanjang hidupnya.

“Beberapa skema pelayanan yang telah dan akan di laksanakan dalam BLUD UPTD PIP2B dan Jakon, meliputi pelatihan baik sertifikasi maupun non sertifikasi tenaga kerja konstruksi. Layanan jasa pemeriksaan kondisi bangunan/inspeksi konstruksi,” ucapnya.

Masih dilanjutkannya, di mana sekaligus penyewaan alat-alat test konstruksi seperti ultrasonic velocity puls, rebar locator, hand bor, hammer test, core drill, laser meter. Jasa pemetaan foto udara dengan drone, jasa layanan multimedia, jasa sewa lapangan olahraga yaitu tennis, dan gatebll.

“Alhamdulillah tadi sudah di launching oleh Penjabat Gubernur Sumsel melalui Asisten II Bidang Ekeu dan Pembangunan SETDA Provinsi Sumsel dengan secara resmi memberikan Surat Keputusan (SK) tentang penetapan BLUD UPTD PIP2B dan Jakon Disperkim Provinsi Sumsel.Hari ini kita launching BLUD bidang konstruksi harapan konstruksi Sumsel makin berkualitas, dan semoga BLUD ini dapat memberikan pelayanan yang makin berkualitas dan memberikan nilai manfaat yang nyata bagi masyarakat konstruksi dan masyarakat umum di Sumsel,” tandasnya.

Reporter : Yanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.