PALEMBANG

Februari 2024 Masih Hujan Lebat, Ini Kabupaten yang Berpotensi

Sibernas.com, Palembang-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat masih akan terjadi pada Februari mendatang.

Dimana dua pekan lagi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan digelar, pemerintah daerah (Pemda) diminta untuk waspada dan mengupayakan mitigasi bencana.

Kepala Unit Analisa Dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Sinta Andayani mengatakan, Februari diprakirakan potensi hujan dengan intensitas lebat masih cukup tinggi.

“Karena potensi hujan masih cukup tinggi jadi kewaspadaan akan bahaya bencana hidrometeorologi tetap dilakukan,” katanya, Selasa (30/1/2024).

BMKG memprakirakan hampir seluruh wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) berpotensi hujan dengan intensitas tinggi.

“Namun yang diprakirakan akan lebih tinggi dapat diwaspadai untuk wilayah Lahat, Muara Enim, Musi Rawas, dan OKU,” katanya.

Pemerintah juga meminya masyarakat mewaspadai intensitas hujan sedang hingga lebat dan akumulasi hujan yang telah terjadi di hari-hari sebelumnya.

“Yang dapat berakibat meluapnya sungai, banjir dan longsor,” katanya.

Sinta mengatakan, BMKG dan pemda serta instansi terkait selalu aktif berkoordinasi mengupayakan mitigasi bencana di musim hujan ini seperti banjir dan longsor.

“Serta terus menginformasikan update prakiraan cuaca baik ke dinas terkait dan juga ke seluruh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, tinggi muka air yang dilihat dari website resmi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VIII https://bbwssumateraviii.co.id/, ada tiga sungai besar yang siaga 1 (merah), Selasa (30/1/2024) hingga pukul 16.00 WIB. Tinggi muka air rata-rata 5,04 meter – 6,14 meter. Yakni Sungai Musi, Sungai Lematang dan Sungai Ogan.

Lihat Juga :  Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Rusak di Kota Palembang Diprotes Warga

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.