PALEMBANG

Unjuk Rasa di Depan Kantor Walikota Palembang, DPP POSE RI Tuntut Hal ini

SIBERNAS.COM, Palembang – Sejumlah massa dari LSM POSE RI menggelar aksi demo di Kantor Walikota Palembang, Senin (29/1/2014).

Pendemo menuntut Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa dan aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas perizinan galian C milik AJN, TN, dan MRN di Kepuh, Kecamatan Gandus, Telang Kemang Cenago, Palembang yang diduga ilegal dan merusak lingkungan.

Ketua Umum LSM POSE RI, Desri SH didampingi Koordinator Lapangan Philipus Pito Sogen SH mengatakan, rumah Pj Walikota Palembang dekat dengan lokasi galian C di Kepuh, Kecamatan Gandus, Telang Kemang Cenago, Palembang tersebut, tepatnya arah vila milik mantan Gubernur Sumsel.

“Pj Walikota dan aparat penegak hukum tutup galian C tanah yang diduga tidak jelas izinnya di kawasan di Kepuh Kecamatan Gandus Telang Kemang Cenago Kota Palembang. Sehingga otomatis pasti akan terhenti sendiri armada-armada melintas di Talang Kepuh dan Jalan Tanjung Barangan. Apabila galian C tersebut ditutup dan hanya mempersoalkan kontribusi recehan angkutan armada melintas di Talang Kepuh dan Jalan Tanjung Barangan itu hanya sia sia dan tidak profesional. Hentikan pungutan itu dan tutup galian C ilegal itu,” ujar Desri.

Lihat Juga :  Bacagub Mawardi Yahya-Harnojoyo Kunjungi Mantan Gubernur H Alex Noerdin di Lapas Pakjo

Lebih lanjut Desri menuturkan, oleh karena itu pihaknya mendesak Pj Walikota Palembang, dan aparat penegak hukum yang berkompeten atas dugaan pelanggaran Pasal 98 ayat (1) Undang Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup terkait galian C diduga milik oknum berinisial “TN”, “AJ”, dan “MRN” di wilayah Talang Kepuh, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang yang diduga tidak memiliki izin, merusak dan mencemarkan lingkungan.

Sementara itu, Bang Ambon menambahkan, pihaknya merasa terganggu truk besar lewat.

“Anak kami terganggu. Pj Walikota segera mengecek dan mengevaluasi izin galian C. Galian C sangat merugikan masyarakat Palembang. Kalau digali terus, peta Gandus akan hilang,” teriaknya.

Lihat Juga :  Pj Sekda Kota Palembang Tinjau Perbaikan 17 Titik Jalan Rusak di Segaran

“Tutup galian C, dan usut tuntas perizinannya. Karena itu tidak ada izin tapi dibiarkan. Kami mintak aparat kepolisian tangkap pelaku yang melakukan galian C ilegal. Kami menolak galian C di Talang Kepuh,” bebernya.

Menanggapi aksi demo tersebut, Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Setda Kota Palembang, Alex Fernandus mengatakan, pihaknya mengapresiasi tuntutan LSM POSE RI yang menyampaikan aspirasinya, dari informasi di Talang Kepuh itu tidak ada izinnya.

“Saya komunikasi PUPR walaupun terkait izin galian C itu kewenangan Provinsi. Karena terkait wilayah di Kota Palembang, jangan sampai terjadi hal yang merugikan masyarakat. Saya akan segera perintahkan Sat Pol PP. Saya akan telpon Camat Gandus, atas ada tidak ada izin galian C. Kalau tidak ada izin harus ada tindakan tegas seperti penertiban. Karena ini aspirasi yang sangat baik sekali. Yakinlah dari POSE RI, akan segera kita tindaklanjuti di lapangan,” pungkasnya.

Reporter: Yanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.