PALEMBANG

Dandim 0418/Plg Tutup Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara Mahasiswa FKIP UNSRI

SIBERNAS.com, Palembang -Komandan Kodim 0418/Plg Kolonel Czi Arief Hidayat.M.Han menutup acara Pelatihan Kepemimpinan dan Bela negara Mahasiswa/i PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2023 Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan universitas Sriwijaya kerjasama kodim 0418/Plg yang di gelar di Aula PGSD KM.5 FKIP Unsri Palembang,Rabu (24/1/2024)

Dalam sambutannya Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat,M.Han mengatakan, terlihat aura yang luar biasa,semangat yang luar biasa dan melihat wajah-wajah pemimpin bangsa di masa depan.

“Selamat kepada seluruh mahasiswa yang telah berhasil mengikuti tahapan bela negara dengan baik. Ilmu yang di dapat selama pelatihan ini hendaknya di resapi dan diamalkan dalam membangun kebanggaan dan kekompakan almamater. Sehingga terjadi perubahan sikap dan perilaku yang mengarah kepada figur mahasiswa atau mahasiswi yang bermental dan berwatak yang baik,”ucapnya.

Dandim juga berhadap dengan kegiatan ini bisa menjadi membangun komunikasi awal untuk menyambung tali silaturahmi membangun konektivitas dalam berjejaring serta mempererat konsep sosial demi kemajuan pelayanan publik dimasa mendatang .

Dalam pelatihan ini suatu peruwujudan upaya kita bersama dalam mengembangkan kompetensi sumberdaya manusia ,sebagai generasi smart milenial dapat melaksanakan dengan sungguh-sungguh esensi kegiatan yang dipelajari selama kegiatan ini ,”jelasnya

Lihat Juga :  Hujan 30 Menit Palembang Langsung Banjir, PJ Walikota Minta Sedimentasi Dikeruk

“Dan esensi ketugasan sebagai generasi penerus bangsa perbaikan dan inovasi sistem sangat diperlukan tentunya ini menjadi tantangan dalam mendapatkan berkontribusi didalam pengembangan yang berkualitas,” katanya.

“Tadi kita juga telah menyaksikan video bersama-sama ada yang lucu. Semangat dan ada keterampilan baru yang didapat di balik itu semua ada banyak makna dan nilai yang kita peroleh disitu terdapat kekompakan,kepercayaan diri , semangat ,dan hakekat membela bangsa itu tidak sederhana. Ternyata cinta kepada tanah air itu tidak hanya diucapkan berbentuk kata-kata tetapi perbuatan ,”jelasnya

Dandim juga mengucapkan terimakasih kepada para pelatih yang telah mendampingi dan memberikan bekal kepada mahasiswa selama tiga hari ini berjalan dengan baik inovatif seperti yang diharapkan.

“Yang terpenting tidak ada kejadian-kejadian yang memakan korban semoga kegiatan seperti ini bisa kita lanjukan menjadi lebih baik kita tingkatkan serta evaluasi ,”ucapnya.

“Harapannya melalui kegiatan bala negara seperti ini dapat mengahasilakan generasi penerus perjuangan bangsa , generasi masa depan bangsa , pemimpin-pemimpin bangsa
yang memiliki kwalitas dan karakter sebagai bangsa Indonesia,”ungkap Dandim.

Sementara itu saat diwawancarai Dr.Ismet M.Si selaku Wakil rektor bidang kemahasiswaan mengatakan, bahwa kegiatan hari ini adalah penutupan pelatihan kepemimpinan dan bela negara yang dari hari Senin kemarin dilaksanakan

Lihat Juga :  Dukung Pembangunan Palembang, Ratu Dewa Apresiasi Peran DPD REI Sumsel

“Mahasiswa telah mendapatkan berbagai materi penting yang terkait dengan kepemimpinan ,wawasan kebangsaan dan bela negara yang penting untuk di belakang kepada calon guru profesional,Karena kemungkinan kedepannya mereka dapat di tempatkan di wilayah seluruh Indonesia .

“Dengan kegiatan ini sendiri sangat bermanfaat bagi mahasiswa/i karena calon guru yang profesional itu adalah calon pemimpin bangsa juga, jadi memang dibekali
Seperti bagaimana mereka senantiasa siap untuk melakukan perubahan-perubahan dari waktu ke waktu. Kemudian wawasan kebangsaan mereka harus paham bahwa kita ini berada di seluruh NKRI bermacam-macam budaya maka mereka harus siap menerima budaya lain disamping harus bisa cinta dengan budaya masing-masing . FKIP Unsri sendiri dengan kegiatan ini sangat bangga dengan Kodim 0418/plg walaupun kegiatan ini secara nasional tidak lagi menjadi kurikulum wajib tetapi FKIP Unsri tetap komitmen untuk melaksanakan sebagai identitas kurikulum karena sejalan dengan program kerja dari Dekan FKIP Unsri Dr. Hartono, M.A,yaitu pembentukan karakter calon mahasiswa,” pungkasnya. (Yanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.