POLITIK

4.772 Petugas PTPS Pemilu 2024 Dilantik

Sibernas.com, Palembang-Sebanyak 4.772 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kota Palembang disebut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) punya peran penting dalam proses Pemilu 2024.

“Seluruh proses pengawasan di TPS menjadi tanggungjawab dari pengawas, bagus tidaknya pemilu ini tergantung 4.772 petugas PTPS ini,” kata Ketua Bawaslu Kota Palembang Yusnar usai melantik 422 petugas PTPS Kecamatan Ilir Barat Satu, di Graha Person, Senin (22/1/2024).

Selain itu, tugas PTPS meliputi persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara, persiapan dan pelaksanaan penghitungan suara, dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS.

PTPS berkewajiban untuk menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan.

Lihat Juga :  RPS Palembang Baik Dukung Ratu Dewa Maju di Pilwako Palembang 2024

“Juga menyampaikan laporan hasil pengawasan kepada Panwaslu, Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan,” katanya.

Yusnar mengatakan, mengantisipasi adanya kelelahan para petugas dan menyebabkan sakit hingga kematian, ini telah diantisipasi dengan seleksi petugas sebelumnya.

“Tahun ini lebih agak mudah, di mana rekapitulasi hanya rekap hasil tidak seperti periode lalu lebih ribet, kami sudah seleksi petugas ini rata-rata sudah berpengalaman,” katanya.

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.