PALEMBANG

Tower Jembatan Ampera Bisa Diakses Oleh Masyarakat Palembang

Sibernas.com, Palembang-Renovasi tower dan lift Jembatan Ampera dipastikan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V Sumatera Selatan (Sumsel) selesai tahun 2024.

Kepala BBPJN Wilayah V Sumsel Hardi Siahaan mengatakan, renovasi tower masih dalam proses perbaikan. Nantinya masyarakat bisa menyaksikan keindahan Kota Palembang dari atas tower Jembatan Ampera, yang diakses lewat lift yang ada di Jembatan Ampera.

“Proses renovasi pada tower 1 Jembatan Ampera sudah selesai. Tower 1 sudah selesai, baik itu penggantian lift, menata ruang tower, menambah kursi, juga lampu,” kata Hardi usai melakukan kunjungan, Selasa (17/1/2024).

Hardi mengatakan, kapasitas lift tower ini maksimal 4 orang. BBPJN sudah menyiapkan kursi dan meja di atas tower Ampera dengan maksimal 20 orang. Pihaknya melakukan sedang tahap lelang untuk pengerjaan tower 2 yang akan selesai tahun ini juga dengan masa pengerjaan 6-7 bulan.

Lihat Juga :  Pj Sekda Kota Palembang Tinjau Perbaikan 17 Titik Jalan Rusak di Segaran

“Untuk tower 1 saja nilai anggaran dari APBN di bawah Rp10 miliar, ini sudah selesai, tinggal tower 2 dalam tahun ini akan selesai juga,” katanya.

Soal perdebatan budayawan dan sejarawan soal renovasi bagian dari Jembatan Ampera ini, menurut Hardi, sudah clear/selesai.

“Kita memperhatikan saran dan masukan dari Komisi Cagar Budaya, kita harus jaga keaslian bangunan ini. Sudah clear, tidak ada masalah,” katanya.

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, untuk bisa mengakses tower Jembatan Ampera ini, masih ada proses lanjutan perbaikan, semester kedua 2024 ini akan selesai.

“Saya yakin masyarakat Palembang sudah sangat menunggu kapan bisa naik ke atas, tapi mohon bersabar kita selesaikan regulasinya sehingga masyarakat bisa menikmati jembatan Ampera ini,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPR RI yang juga mantan Walikota Palembang Eddy Santana mengatakan, tower Jembatan Ampera bisa jadi destinasi wisata baru Palembang.

Alhamdulillah kita bisa naik ke tower jembatan Ampera yang sudah direnovasi bersama Pj Walikota Palembang dan Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V Sumsel,” katanya.

Terkait penggunaan tower jembatan Ampera sebagai resto, Eddy menyatakan sepertinya tidak memungkinkan, karena akan membuat pengunjung terlalu lama di atas.

“Paling-paling hanya melihat ke atas, seperti Monas, kalau resto itu terlalu lama,” katanya.

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.