POLITIK

Gelar Acara Paparan Gagasan: PERINMA Serukan Capres-Cawapres Adu Program, Bukan Adu ‘Gimmick’

Sibernas.com, EROPA – Situasi politik terkait pemilihan umum di Tanah Air mendapat sorotan dan diikuti oleh banyak diaspora Indonesia di luar negeri, termasuk di Eropa.

Terkait dengan hal ini, warga diaspora di Eropa menyayangkan suasana kampanye yang justru lebih sering mengedepankan gimik politik ketimbang program dan gagasan.

Hal ini justru tidak mengedukasi warga yang seharusnya bisa mengetahui dan memahami secara mendalam tentang program maupun gagasan, agar setiap pemilik hak suara dapat dengan baik menentukan pilihannya.

Oleh karena itu, sebagai salah satu diaspora Indonesia terbesar di Eropa, Perhimpunan Eropa untuk Indonesia Maju (“PERINMA”) menginisiai penyelenggaraan PARAS (Paparan Gagasan) yang bertujuan untuk memahami gagasan dari semua pasangan calon (paslon) capres-cawapres, mampu memaklumi perbedaan pilihan maupun pendapat dalam politik, dan tetap peduli terhadap masa depan NKRI bersama presiden dan wakil presiden yang nantinya akan terpilih dalam Pemilu 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan secara daring pada Minggu, 14 Januari 2024, dengan menghadirkan tiga narasumber dari perwakilan masing-masing tim pemenangan capres-cawapres. Paslon nomor urut satu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar diwakili oleh Muhammad Iqbal, Juru Bicara Timnas AMIN dan merupakan Caleg DPR RI Dapil Jakarta 2. Sementara paslon nomor urut dua Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka diwakili oleh Arief Rosyid, Komandan TKN Fanta.

Masinton Pasaribu, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan juga hadir sebagai narasumber mewakili paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

Acara yang dimoderatori oleh diaspora Indonesia dari Jerman, Retty Paruntu, dibuka dengan pembacaan tata tertib acara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa bersama, Mars PERINMA, sambutan Ketua Umum PERINMA dan pembacaan profil para narasumber.

Baca Juga :  Anies Janji Bangun Kereta Jalur Ganda Lampung – Palembang

Dalam sambutannya, Ketua Umum PERINMA Rizal Tirta menyatakan bahwa, Pemilu merupakan pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu selama lima tahun sekali dan bukan hanya untuk warga Indonesia di Tanah Air saja akan tetapi juga bagi warga Indonesia yang berada di Eropa.

Lihat Juga :  RPS Palembang Baik Dukung Ratu Dewa Maju di Pilwako Palembang 2024

“Meskipun PERINMA adalah perhimpunan yang netral dan tidak berpihak pada golongan manapun dalam konteks politik, setiap anggota PERINMA bebas untuk mengekspresikan dukungan mereka kepada paslon manapun. PERINMA mendorong setiap anggota untuk menggunakan hak suaranya dan jangan sampai golput”, tambahnya.

Rizal yang juga sebagai penggagas acara ini menyayangkan banyaknya masyarakat yang belum memahami program yang ditawarkan setiap paslon dan tendensi para pemilih yang lebih mengedepankan sentimen dibanding logika. Di akhir sambutannya, Rizal menyebutkan bahwa setiap pemilik suara harus mempelajari betul program yang ditawarkan masing-masing calon, kemudian mengkaji lebih dalam, apakah gagasan tersebut benar untuk kepentingan bangsa dan bisa terlaksana dengan baik.

Sejalan dengan itu, pada kegiatan ini para narasumber menjabarkan lebih lanjut terkait program dan gagasan yang diandalkan.

(Ketiga Narasumber dan Penyelenggara PARAS PERINMA. Foto: Dok PERINMA)

Juru Bicara Timnas AMIN, Muhammad Iqbal, dalam paparannya menyampaikan tentang pentingnya para calon untuk turun ke masyarakat guna berkomunikasi dengan mereka. Iqbal juga menyebut pentingnya memilih calon yang banyak bicara dibandingkan dengan yang diam saja. Caleg DPR RI Dapil Jakarta 2 ini juga menyinggung tentang banyaknya isu negatif terhadap Capres Anies Baswedan, tidak tepatnya membangun IKN, praktek-praktek hukum di bawah kekuasaan, masih mahalnya harga sembako dan pupuk serta beberapa isu lain sehingga diperlukan adanya perubahan.

Sementara itu Komandan TKN Fanta, Arief Rosyid dalam paparan pembukanya menyebut tentang perjuangannya mengangkat agenda kepemudaan yang sejalan dengan tujuan Indonesia Maju. Selanjutnya Arief juga menyinggung bahwa visi Prabowo-Gibran adalah Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045. Sehingga menurutnya, kemajuan-kemajuan yang sudah dicapai oleh Presiden Jokowi harus dilanjutkan. Mantan Komisaris Bank Syariah ini juga menyinggung tentang program Asta Cita.

Baca Juga :  Gaya Unik Diaspora Pendukung Ganjar-Mahfud di Den Bosch, Belanda

Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Masinton Pasaribu yang mewakili TPN Ganjar-Mahfud menyampaikan bahwa Pemilu merupakan sarana demokrasi dan perwujudan kedaulatan rakyat untuk menentukan pemimpin. Menurutnya, Pemilu harus bebas dari segala intervensi kekuasaan. Masinton juga menyebut bahwa Ganjar-Mahfud akan terus mengawal demokrasi di Indonesia dan mengukuhkan kedaulatan rakyat, mempercepat kemakmuran rakyat, memberikan fasilitas internet gratis, mengembalikan kejayaan Indonesia pada forum-forum internasional, meningkatkan industri dan lapangan kerja serta penegakan hukum.

Lihat Juga :  RPS Palembang Baik Dukung Ratu Dewa Maju di Pilwako Palembang 2024


(Peserta PARAS. Foto: Dok PERINMA)

Dalam sesi tanya jawab, berbagai isu penting ditanyakan kepada para narasumber, antara lain tentang politik identitas pasangan Anies-Muhaimin, tudingan akan merosotnya demokrasi di Indonesia jika Prabowo-Gibran terpilih menjadi pemimpin Indonesia, dan adanya keraguan kepada Ganjar-Mahfud karena dianggap hanya sebagai petugas partai yang akan menguntungkan partai tertentu saja. Dengan kepiawaian para narasumber, semua pertanyaan yang diajukan, dapat dijawab dengan baik.

Di penghujung acara, PERINMA mengadakan quiz berhadiah dan memutarkan sebuah video edukasi politik berdurasi tiga menit, guna mengajak para diaspora Indonesia di manca negara dan masyarakat Indonesia di tanah air untuk berpolitik dengan senang, sehat, pintar dan bijak.

Dengan gelaran acara ini, PERINMA berharap sekaligus mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat di manapun berada untuk menghargai perbedaan pilihan dan menjaga persatuan bangsa.

Eropa, 14 Januari 2024

Departemen Humas dan Media
PERINMA 

Editor: Handoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.