KRIMINALITAS

Modus Jadi Pemulung, Mardianto Leluasa Kuras Emas Hingga BPKB Mobil

Sibernas.com, Palembang-Tim Opsnal Pidum dan Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang mengamankan pelaku pembobolan rumah milik Achmad Putra yang berada di Jalan Sei Betung 2, Kelurahan Siring Agung, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang, pada 15 september 2023.

Pelaku bernama Mardianto alias Mar yang merupakan spesialis bobol rumah. Mardianto berhasil ditangkap di tempat persembunyiannya di kawasan Sungsang, Kabupaten Banyuasin, Sabtu (13/1/2024).

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang AKBP Haris Dinzah mengatakan, modus tersangka dengan cara berpura-pura menyamar jadi pemulung sehingga bisa dengan leluasa mengintai rumah korban.

“Pelaku nyamar jadi pemulung, masuk ke rumah korban dengan cara melompat pagar, setelah itu masuk ke dalam rumah melalui pintu belakang,” ujar AKBP Haris saat melakukan ungkap kasus, Selasa (16/1/2024).

Lihat Juga :  Coba Kaburkan Kronologis Kejadian, Pembunuhan Ibu dan Anak Sudah Direncanakan?

Dalam aksinya tersangka berhasil menggasak barang berharga milik korban seperti perhiasan emas seberat 80 suku, gelang emas 4,5 gram, 2 cincin emas 3,5 gram, 3 logam mulia dengan berat 50 gram per logam, 1 logam mulia berat 25 gram, 2 logam mulia dengan berat masing-masing 1 gram dan uang tunai Rp18.500.000. Juga dua BPKB mobil Toyota Yaris dan Daihatsu Xenia.

Dari tangan tersangka diamankan barang bukti, satu unit TV Samsung 55 inci dan satu unit sepeda motor Honda Vario 150 cc warna merah.

“Barang bukti yang kita amankan merupakan hasil dari penjualan barang hasil curian yang dibelikan TV dan motor. Sisa uangnya dihabisi tersangka untuk bermain judi slot,” terangnya.

Lihat Juga :  Berlinang Air Mata, Istri dan Anak Korban Pembunuhan Dimakamkan Dalam Satu Liang

Selain mengamankan tersangka, dari hasil pengembangan, juga mengamankan penadah barang hasil curian.

“Kami juga mengamankan tersangka penadah hasil curian inisial TS yang merupakan penadah barang yang dicuri oleh tersangka Mardianto,” katanya.

Reporter: Yola Dwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.