PENDIDIKAN

Lepas 484 Mahasiswa KKN UKB, Pemkab OI Minta Saran Perbaikan

SIBERNAS.com,  INDRALAYA –  Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meminta saran dan masukan kepada kalangan akademisi demi perbaikan kabupaten OI menjadi lebih baik lagi. Hal itu disampaikan Sekda OI, H Muhsin Abdullah mewakili Bupati OI, Panca Wijaya Akbar dan Wakil Bupati OI, H Ardani saat melepas 484 peserta KKN Mahasiswa Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang di Aula Caram Seguguk Kabupaten OI, Senin (15/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Sekda Muhsin mempersilahkan para peserta KKN untuk dapat menggali semua permasalahan yang ada di kabupaten OI. Namun begitu, Ia meminta agar dapat memberikan solusi dari semua permasalahan. “Berikan masukan kepada kami dari semua permasalahan yang ditemui. Nanti akan kita susun sebagai program pemerintah daerah baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk perbaikan dan pemberdayaan bagi masyarakat,” ungkap Muhsin.

Hadir dalam acara tersebut Rektor UKB, Dr Irzanita Wathan dan Wakil Rektor Dr dr Fika Minata Wathan, M.Kes berserta jajarannya, terdiri dari para Dekan Fakultas dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Hadir juga para camat dan kades se-Ogan Ilir beserta jajaran Pemkab OI lainnya.

Lebih lanjut dalam pidatonya, Muhsin menjelaskan bahwa masukan saran perbaikan bagi Pemkab OI bukan saja dalam bidang kesehatan seperti stunting namun juga dalam berbagai aspek seperti persoalan kualitas pendidikan yang ada di kabupaten OI. “ Disamping itu saya mengingatkan bahwa sekarang ini adalah tahun politik,ada Pilpres, pemilihan dewan perwakilan rakyat dan lainnya. Tetaplah kita bekerja dan beraktivitas sesuai norma yang berlaku, sesuai bidang keilmuan dan tetap menjaga kondusifitas serta tidak ikut dalam politik praktis,” ungkapnya.

Lihat Juga :  Ribuan Guru Dijanjikan Uang Insentif Kuota Internet

Di sesi akhir, Sekda berharap agar para mahasiswa KKN dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.Sehingga usai menjalankan KKN di Ogan Ilir, para mahasiswa memperoleh dampak dan bekal yang positif yang berguna bagi kepentingan akademis, bagi universitas dan pemerintah daerah. “Saya berharap KKN ini bisa memberikan manfaat yang nyata bagi kita semua,” ucapnya. Sebelum menutup pidaotnya, Muhsin juga juga membeberkan beberapa kemajuan seperti upaya Pemkab OI dalam menurunkan angka stunting, dimana pada tahun 2023 Pemkab OI berhasil menurunkan angka stunting dari 29% pada tahun 2022 turun menjadi 24% di tahun 2023.

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Kader Bangsa, Dr dr Fika Minata Wathan, M.Kes dalam sambutannya, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bupati OI Panca Wijaya Akbar dan jajarannya yang telah memberikan kesempatan dalam pelaksanaan KKN di Kabupaten OI. Adapun KKN Mahasiswa UKB ini dilakukan di 8 kecamatan,29 desa/posko yang melibatkan 484 mahasiswa.

“Kita siap bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan masyarakat unuk mensukseskan program kerja pemerintah. Kita turut berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Lihat Juga :  Ribuan Guru Dijanjikan Uang Insentif Kuota Internet

Seperti diketahui, kegiatan KKN Mahasiswa UKB ini merupakan program wajib dalam setiap tahun akademik sebelum mereka dinyatakan lulus sebagai sarjana. Kegiatan ini merupakan implementasi misi Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Program KKN ini menjadi pilihan yang baik untuk mewujudkan sinergitas, mahasiswa bisa menerapkan ilmu pengetahuan teoritik (applying of knowledge and science) yang diterima di bangku kuliah dan memberikannya kepada masyarakat sebagai wahana pengetahuan praktis (transfering of knowledge), “ ucapnya.

Untuk itu, Fika menyampaikan bahwa hasil akhir yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan itu yakni meningkatkan kesadaran diri (self awareness) terhadap realitas kehidupan bermasyarakat, meningkatkan tanggung jawab pribadi dan sosial (personal and social responsibility) terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Kita juga dapat meningkatkan kesadaran diri terhadap peran sosial (self-awareness of social role) dan peran selaku akademisi (self-awareness of academician role) yang hidup berdampingan di tengah lingkungan kemasyarakatan,” katanya.

Di akhir sambutan, Fika meminta para peserta KKN Mahasiswa UKB untuk dapat menjaga diri dan menjaga citra almamater. “ Tunjukkan sebagai mahasiswa UKB anda semua benar-benar mampu memberikan yang terbaik bagi semua khususnya bagi daerah Kabupaten Ogan Ilir,” ujarnya.

 

Reporter : Yanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.