PALEMBANG

Antisipasi Banjir Kiriman, Pj Walikota Palembang Minta Pejabat Turun Langsung ke Lokasi

Sibernas.com, Palembang-Hujan di bulan Januari yang cukup intens dan dikhawatirkan adanya banjir kiriman, para camat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palembang diminta siaga.

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, ini sebagai upaya agar pihaknya bisa lebih sigap apabila terjadi kiriman air pasang yang berasal dari daerah lain.

“Semua OPD, camat lurah dan tim pengendali banjir untuk siaga dan turun langsung ke lokasi,” katanya, Minggu (14/1/2024).

Seperti diketahui akhir-akhir telah terjadi banjir cukup besar di berbagai daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), seperti Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dan Kota Prabumulih.

Dari informasi yang diperoleh, selain air pasang, faktor lain yang mengakibatkan banjir akhir-akhir ini ialah intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

Lihat Juga :  Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Rusak di Kota Palembang Diprotes Warga

“Instruksikan tersebut sebagai antisipasi genangan air dan banjir,” kata Ratu Dewa.

Ia mengatakan, kondisi air pasang naik akibat kiriman dari hulu Sungai Ogan, Lematang, Sungai Rawas dan lainya.

“Selanjutnya air laut juga naik sampai di posisi 4 berdasarkan data BMKG,” katanya.

Oleh karena itu, warga juga diimbau untuk lebih berhati- hati dan tidak membuang sampah sembarang yang bisa mengakibatkan saluran air jadi mampet. Begitu juga yang rumahnya berada di sekitar Sungai Musi agar bisa lebih waspada, apabila air dalam kondisi pasang.

“Ini menjadi perhatian kita semua, untuk lebih berhati- hati,” katanya.

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.