SUMSEL

Pj Gubernur Agus Fatoni Minta Program Kerja Dekranasda Mampu Jangkau Masyarakat Luas

SIBERNAS.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meminta program kerja dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumsel kedepannya lebih berpihak dan menjangkau para pengrajin dan masyarakat luas. Hal ini diungkapkan dalam rapat pemantapan persiapan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Provinsi Sumsel di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (11/1/2024).

“Pemprov Sumsel memberikan apresiasi dan dukungan yang luas, mengingat dari forum ini akan dirumuskan program-program yang akan memberikan kontribusi maksimal bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Fatoni.

Fatoni berharap dengan diselenggarakannya Rakerda Dekrasnada mampu menjadi wadah menyinkronkan program dan kegiatan Tahun 2024 mendatang. Terkait penganggaran Dekranasda nantinya bisa dalam bentuk hibah dari Pemerintah Daerah (Pemda) atau melalui kegiatan yang anggarannya ada di instansi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kemudian dikerjakan bersama-sama, dikolaborasikan bisa juga bersumber dari sumber lain misalnya CSR,” ucap Fatoni.

Lihat Juga :  Kecelakaan Bus Putra Sulung Vs Kereta Api di OKU Timur Sumsel

Fatoni mengungkapkan, koordinasi antara Dekranasda pusat dan daerah juga sangat penting dilakukan. Hal ini dilakukan guna kegiatan-kegiatan Dekranasda nantinya dapat dirasakan masyarakat secara langsung dengan jangkauan yang lebih luas.

“Koordinasi itu terus perlu dibangun agar kegiatan-kegiatan Dekranasda ini bisa lebih besar lagi dan bisa menyentuh masyarakat secara langsung,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Dekranasda Sumsel Tyas Fatoni sekaligus pimpinan rapat mengatakan Rakerda Dekranasda Sumsel akan digelar pada tanggal 16 Januari 2024 mendatang. Nantinya kegiatan tersebut akan diikuti oleh seluruh pengurus Dekranasda se-Sumsel.

“Hari ini kita mengadakan rapat lanjutan guna pemantapan Rakerda Dekranasda. Mematangkan persiapan dan pelaksanaan nantinya,” kata Tyas.

Sementara itu, Ketua Bidang Program Dekranasda sekaligus Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel Amiruddin menyampaikan program kerja Dekranasda Sumsel periode Tahun 2024. Program Kerja Dekranasda tahun 2024 mengusung tema ‘Kriya Unggul, Indonesia Maju’ dengan visi Mewujudkan Produk Kerajinan Sumsel yang Berdaya Saing Global.

Amiruddin mengatakan program kerja Dekranasda Sumsel di tahun ini diantaranya adalah pelaksanaan HUT Dekranas ke-44, Rakerda Dekranasda, pelatihan diversifikasi angkinan, rumah pewarna alami kebun raya Sriwijaya, Bimtek tenun gebeng, Bimtek diversifikasi kerajinan perak dan lainnya.

“Program kerja Dekranasda ini ada kegiatan yang budgeter dan non budgeter. Kegiatan yang non budgeter ini, kita melibatkan sponsorship,” kata Amiruddin.

Kegiatan ini turut dihadiri sejumlah pejabat, di antaranya Kepala OPD yang hadir dalam rapat kali ini Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Neng Muhaiba, Wakil Ketua Harian Dekranasda Sumsel Karwana Supriono, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal, Kepala Dinas Kominfo Sumsel Rika Efianti, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel Amiruddin, Kepala Balitbangda Sumsel Alamsyah, Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Deva dan mitra kerja terkait lainnya.

Reporter : Yanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.