KRIMINALITAS

38,1 Kilogram Narkoba Dimusnahkan, Gagal Diedarkan di Malam Tahun Baru

Sibernas.com, Palembang-Direktorat Narkoba Polda Sumsel memusnahkan barang bukti 38,1 kilogram sabu-sabu dan ribuan pil ekstasi dari 11 kasus perkara. Barang bukti tersebut akan diedarkan pada malam pergantian Tahun Baru 2024.

“Barang bukti yang dimusnahkan ini terdiri dari 11 laporan polisi dari bulan November 2023 hingga Desember 2023. Semuanya akan diedarkan pada saat malam pergantian malam tahun baru,” ujar Wakil Direktur Ditresnarkoba Polda Sumsel AKBP Harissandi, SIK, di halaman Gedung Ditresnarkoba Polda Sumsel, Jumat (12/1/2024).

Barang bukti yang dan diamankan dari 13 orang tersangka dan dimusnahkan sabu-sabu atau 36 kilogram lebih. Pil ekstasi sebanyak 9.987 butir dan bisa menyelamatkan 241.163 jiwa anak bangsa.

“Sebanyak 6 laporan polisi di Palembang, 4 di Muba dan di Jalan Lintas Palembang-Prabumulih 1 laporan polisi,” ujar Harissandi.

Para pelaku yang kebanyakan sebagai kurir melanggar Primer Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Subsider Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yang ancaman hukumannya pidana mati / pidana seumur hidup.

Lihat Juga :  Dituduh Jadi Informan Polisi, Rusli Dikeroyok Pakai Kayu

Sebelumnya, puluhan kilogram sabu dan ribuan pil ekstasi itu berhasil diamankan dari empat orang tersangka yang kini telah diamankan di DitresNarkoba Polda Sumsel. Petugas mengamankan tersangka Dion Linata alias Aon. Dia dibekuk saat berada di pinggir jalan persisnya di Jalan PSI Kenayan, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus, Palembang pada 29 November 2023.

Barang bukti yang diamankan sebanyak sabu-sabu atau dengan berat bruto 305,96 gram. Kemudian dikembangkan lagi, petugas berhasil mengamankan barang bukti sabu sebanyak empat paket besar dengan berat bruto 4.253 gram.

Barang bukti yang diamankan dari tersangka Aon sebanyak 5 kilogram lebih. Lalu, pada tanggal 14 Desember 2023, petugas berhasil meringkus tersangka Sapril (33) dan Ariyansyah (34).

Lihat Juga :  Tragis, Tewas Kecelakaan Usai Pamit Ambil Uang di ATM

Keduanya ditangkap saat berada di Jalan Lintas Palembang-Prabumulih, Desa Segayam, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim. Dari dalam mobil yang dikendarainya, petugas menemukan barang bukti 10 kilogram sabu-sabu yang dibungkus kemasan plastik bergambar durian.

Dan 10 ribu pil ekstasi. Barang bukti tersebut disimpan di dalam tas warna hitam dan diletakkan di bagasi belakang mobil. Barang bukti 23,7 sabu-sabu tersebut dibungkus dalam 24 paket besar yang disembunyikan di bagasi mobil Suzuki Baleno warna hijau di parkiran Apotik K-24.

“Rencananya diedarkan sebelum malam pergantian tahun baru. Kini masih terus akan kita kembangkan,” katanya.

Reporter: Yola Dwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.