PENDIDIKAN

STISIPOL Candradimuka menggelar kegiatan Entrepreneurship Day 2023

SIBERNAS.com  Palembang -STISIPOL Candradimuka menggelar kegiatan Candradimuka Entrepreneurship Day 2023, Selasa/19 Desember 2023 bertempat di Halaman Depan STISIPOL Candradimuka.

Rangkaian Kegiatan Candradimuka Entrepreneurship Day 2023 adalah Lomba Presentasi Kewirausahaan & Penjualan Produk (Makanan, Minuman, dan Kriya) 109 Peserta (Mahasiswa/i Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial). Kemudian Lomba Poster Pesan Visual Komunikasi tema Kuliner Palembang (Mahasiswa/i Prodi Ilmu Komunikasi) dan Live Musik dari UKM Musik.

Ketua STISIPOL Candradimuka Dr. Hj. Lishapsari Prihatini, M.Si mengatakan, pihaknya berharap kegiatan ini tidak hanya di lingkungan kampus. Tapi juga bisa membawa STISIPOL Candradimuka ke kanca yang lebih luas yaitu ke provinsi.

“Karena di provinsi sebenarnya ada bidang-bidang yang mendukung kegiatan UMKM di ranah kampus. Jadi kegiatan ini harus diikuti oleh mahasiswa dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kaprodi Ilmu Komunikasi sekaligus Ketua Pelaksana CED 2023 Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A mengatakan, kegiatan Candradimuka Entrepreneurship Day ini adalah tahun ke-5.

“Tahun pertama itu kita sejak 2019. Jadi ini semacam kegiatan tahunan. Berangkat dari kegiatan kewirausahaan mahasiswa yang kemudian kita dukung dengan membuatnya menjadi agak besar. Jadi tugas mata kuliah dulu mata kuliah entrepreneurship communication untuk prodi ilmu komunikasi dan 2 tahun terakhir ini menggabungkan dengan kesejahteraan sosial ilmu kesos mata mata kuliah kewirausahaaan sosial,” katanya.

“Untuk 2 produk yang lain belum. Krena dia beda semester kita di semester ganjil dan yang lain itu di semester genap dan dosen pengampunnya itu kebetulan bukan saya. Jadi memang sebenarnya awalnya ini untuk tugas mata kuliah tapi ke sininya jadi agenda tahunan kampus kedepannya,” tambahnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, dalam kegiatan ini mahasiswa ini kadang ada yang serius melakukan kegiatan kewirausahaan untuk bekal mereka nanti setelah tamat kuliah. Tapi ada juga sebatas menunaikan tugas saja.

“Jadi kita tetap memilih kembali jadi setelah kegiatan ini ada 109 produk atau brand pameran itu kalau kita presentasikan kalau yang bakal lanjut itu melakukan itu tidak sampai 50%,” tuturnya

Setidaknya, sambung dia, di mata kuliah ini mereka bisa mencoba untuk menjadi seorang entrepreneur.

“Karena saya juga punya buku wajib entrepreneurship communication sudah diterbitkan secara nasional sudah dilaunching Oktober kemarin dari buku itu sudah dipandu mereka mulai dari pertemuan pertama perkuliahan sampai pertemuan ke-16 perkuliahan itu tiap minggunya itu terus step by stepnya ada. Jadi seperti pertemuan pertama perkenalan nanti pada minggu ketiga sudah mengajukan judul mau bikin apa lalu kita ACC. Kemudian kita bikin IG wajib bikin poster menjual sampai akhirnya ini namanya launching, yang dijual ketika kegiatan ini,” bebernya.

Anita menjelaskan, yang mengikuti kegiatan ini dua prodi yang sekarang ikut prodi ilmu komunikasi dan prodi kesejahteraan sosial. Total mereka ada 109 mahasiswa.

“Jadi satu mahasiswa satu produk jadi tidak berkelompok. Satu orang satu brand. Ini ada tiga kategori makanan, minuman dan kriya atau kerajinan tangan, dan yang paling banyak makanan,” tandasnya.

Reporter : Yanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *