PALEMBANG

Dibayar Satu Bulan, Teman Bus ‘Trans Musi’ Kembali Beroperasi

Sibernas.com, Palembang-Setelah sempat stop operasional dan setidaknya 200 karyawan dirumahkan, mulai Sabtu (9/12/2023), Teman Bus ‘Trans Musi’ kembali beroperasi.

Di mana Teman Bus yang kelola oleh PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) ini, sejak 5 Desember lalu memutuskan berhenti operasional.

“Mulai Sabtu, semua armada Teman Bus kembali jalan seperti biasa,” kata Direktur PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) Anthony Rais, Jumat (8/12/2023).

Anthony mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memang yang bertanggungjawab atas pendanaan operasional Teman Bus.

“Dari tunggakan tiga bulan sekitar Rp6 miliar, sudah dibayarkan kurang lebih satu bulan sekitar Rp3 miliar,” katanya.

Sementara sisanya dijanjikan baru akan dibayarkan oleh Kemenhub setidaknya pekan depan setelah selesai proses di Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN).

“Karena tidak hanya Palembang tapi kota lain juga, jadi masih menunggu proses selanjutnya,” katanya.

Menurutnya, memang biasanya pembayaran dilakukan setiap bulan. Namun kali ini Kemenhub kekurangan anggaran untuk membayar biaya operasional.

“Biasanya tiap bulan, tapi kemarin itu ada kekurangan anggaran pembayaran dari Rp650 menjadi miliar Rp550 miliar,” katanya.

Anthony mengatakan, pada dasarnya Teman Bus sangat diminati oleh penumpang meskipun saat ini sudah berbayar menjadi Rp4.000 untuk umum dan Rp2.000 untuk pelajar.

“Total bus ada 66,59 operasional dan 7 cadangan, masih rute lama,” katanya.

Teman Bus melayani rute Alang-alang Lebar (AAL) – Dempo, AAL – Talang Jambe, Sako – Palembang Icon, Palembang Icon – Pusri.

Lihat Juga :  Pj Walikota Palembang Apresiasi Tiga Program Kesejahteraan Rakyat

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.