PALEMBANG

Tidak Punya Buku Nikah, 100 Pasang Dinikahkan Secara Massal

Sibernas.com, Palembang-Masih banyaknya masyarakat yang tidak punya buku nikah, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar nikah massal di Kambang Iwak, Kamis (30/11/2023).

100 pasangan yang sudah pernah menikah belasan tahun lalu ini, sebelumnya diarak menggunakan becak dari Kantor Walikota Palembang ke Kambang Iwak. Pasangan pengantin ini juga dari pantauan ada yang memang hanya duduk berpasangan, dan tidak sedikit juga yang membawa serta anaknya yang sudah SD hingga masih balita.

Pj Walikota Palembang Drs H Ratu Dewa, MSi, mengatakan, buku nikah sangat penting untuk pernikahan diakui oleh hukum negara.

“Menikah tercatat secara dalam hukum negara itu lebih baik, meskipun secara hukum agama itu sah, maka nikah massal akan kita adakan setiap tahun,” katanya.

Lihat Juga :  1573 Warga Binaan Kelas 1A Palembang Mendapatkan Remisi, Satu Diantaranya Hirup Udara Bebas

Plt Kabag Kesra Setda Kota Palembang Marwansyah menyampaikan, kegiatan nikah massal ini diselenggarakan untuk memupuk rasa kepedulian Pemkot Palembang dan kepastian hukum menurut peraturan yang berlaku.

“Masih banyak masyarakat yang belum memiliki buku nikah, karena pernikahan di masa lalu belum tercata, maka dengan nikah massal jadi solusi,” katanya.

Dengan penyelenggaraan nikah massal sebanyak 100 pasang pengantin ini dipilih karena mereka belum punya dokumen resmi nikah.

“Harapan kita juga melalui kegiatan nikah massal dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera menuju keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah, dan tercatat/punya dokumen resmi,” katanya.

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.