PALEMBANG

Bangun 100 Septic Tank HALS di Permukiman Padat Penduduk

Sibernas.com, Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berkolaborasi dengan Kodim 0418/Palembang membangun 100 tangki Septic Hibah Air Limbah Setempat (HALS).

Dibangunnya 100 septic tank ini agar lingkungan menjadi sehat tanpa adanya pembuangan limbah secara sembarang, terutama di kawasan padat penduduk juga tepi sungai.

Komandan Pusat Teritorial (Dan Puster) Angkatan Darat (AD), Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE, MM, mengatakan, terbangunnya septic tank ini akan sangat membantu masyarakat.

“Kolaborasi pemerintah dan Kodim cukup luar biasa khususnya untuk membantu kesulitan masyarakat,” katanya usai meninjau langsung Tangki Septik HALS di Kelurahan Kemang Agung, Kecamatan Kertapati, Rabu (15/11/2023).

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, program yang dikerjakan tersebut bersifat kerjasama antara Kodim 0418/Palembang dan Pemkot Palembang dalam rangka pemasangan Septic Tank.

Lihat Juga :  Al Furqon Fantastic Competition Tahun 2024 Digelar, Gali Potensi dan Kreativitas Siswa

“Ada 100 di Kelurahan Kemang Agung. Selama ini baru sekian persen, dengan selesainya di Kelurahan Kemang Agung ini semuanya jadi 100 persen,” kata Ratu Dewa.

Dewa mengatakan, dengan selesai pembangunan 100 persen Septic Tank di Kemang Agung tersebut juga merupakan salah satu syarat dalam mengikuti lomba kota sehat ke depan.

“Lomba ini ada grade-nya, yang selama ini di tingkat dua kini kita bisa mengikuti lomba kota sehat di grade yang pertama,” katanya.

Dewa juga menyampaikan, apa yang dilakukan tersebut juga mampu menjadi suatu percontohan atas kolaborasi yang dilakukan bersama TNI.

“Di sini kita menyiapkan anggarannya dan yang bekerja adalah para prajurit TNI dan menjadi percontohannya nanti setelah kita berkoordinasi dengan pihak Kementerian, karena sumber penganggaran juga ada di APBN serta dari kota,” katanya.

Lihat Juga :  APBD Tak Cukup Perbaiki 20 Halte, Pemkot Andalkan CSR

Reporter: Pitria

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.