EKONOMI

Tanam 1.000 Mangrove, Princeton Digital Group dan LindungiHutan Hijaukan Pesisir Kendal

Kolaborasi Princeton Digital Group (PDG) dengan LindungiHutan, berhasil tanam 1.000 Mangrove Rhizophora sp. di Pantai Kartika Jaya pada 28 Oktober 2023. Aksi tersebut merupakan perwujudan CSR perusahaan dalam rangka peresmian gedung baru JC2 PDG di Kabupaten Bekasi.

preview

Princeton Digital Group merupakan perusahaan teknologi asal Singapura yang bergerak dibidang penyedia layanan pusat data.

Timothy dari FRENZ Production selaku event organizer peresmian gedung baru PDG, mengatakan bahwa Princeton Digital Group ingin berkontribusi kepada komunitas penanaman pohon dalam perwujudan CSR perusahaan, sekaligus memperingati peresmian gedung baru JC2, PDG di Cibitung.

Bersama LindungiHutan, Princeton Digital Group menginisiasi kampanye penghijauan “Tree Plantation CSR” sebagai komitmen perusahaan dalam menciptakan keberlanjutan bagi lingkungan.

Princeton Digital Group dengan LindungiHutan berupaya menghadapi persoalan lingkungan di Pantai Kartika Jaya.

Sejak 2019, LindungiHutan bersama Wasito, Ketua Kelompok Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Pesisir, melakukan upaya rehabilitasi hutan dan lahan melalui penanaman mangrove.

Keberadaan pohon pohon mangrove bermanfaat bagi lingkungan sebagai pelindung kawasan pesisir dari abrasi dan banjir rob, pelindung dari tsunami, dan penyedia tempat tinggal bagi hewan-hewan laut.

Lihat Juga :  Algoritma Data Science School Luncurkan Kursus Baru: Business Intelligence with Tableau

Adapun kegiatan ini melibatkan tim LindungiHutan, rekan-rekan mahasiswa, dan petani setempat yang diwakili oleh Wasito. Keterlibatan petani ini termasuk dalam program pemberdayaan masyarakat yang senantiasa dilakukan oleh LindungiHutan.

Wasito, mitra petani LindungiHutan (Dokumentasi: LindungiHutan).Adanya kemitraan tersebut, petani dan masyarakat setempat dapat meningkatkan perekonomiannya melalui pengadaan bibit pohon hingga jasa pemantauan pohon yang ditanam.

Lebih dari itu, manfaat yang dirasakan secara langsung adalah kemudahan akan mencari kepiting yang dilakukan oleh masyarakat setempat setiap harinya.

“Dampak dari penanaman ini, bagi petani tambak tentunya sangat bermanfaat seperti mengurangi gelombang pasang sehingga tanggul tambak aman dari gelombang tersebut.  Adanya penanaman ini juga menambah nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar yang penghasilannya hanya mencari kepiting disaat malam hari, karena bakau dimanfaatkan sebagai rumah-rumah dari kepiting tersebut,” Ujar Wasito.

Proses penanaman mangrove bersama rekan-rekan mahasiswa. (Dokumentasi: LindungiHutan).LindungiHutan bersama mitra dan penggalang terus berkontribusi dalam upaya penanaman pohon di Pantai Kartika Jaya.

Sampai saat ini, 15.363 pohon mangrove telah ditanam LindungiHutan melalui inisiatif 62 kampanye alam dan berhasil menyerap emisi lebih dari 2.900 kg CO2eq.

Sebagai startup lingkungan yang berfokus pada upaya pelestarian hutan dan lingkungan, LindungiHutan tidak akan berhenti untuk mendukung upaya berkelanjutan di Pantai Kartika Jaya.

Lihat Juga :  Industri E-commerce Indonesia Terus Tumbuh Positif, Kolaborasi Dengan E-commerce Enabler Jadi Kunci

LindungiHutan juga mengajak para inisiator penghijauan lainnya untuk terlibat bersama dalam aksi penghijauan dengan menciptakan dampak berkelanjutan.

Kunjungi platform LindungiHutan untuk informasi lebih lanjut.

About LindungiHutan
LindungiHutan adalah start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Telah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) serta Kementerian Sosial (Kemensos) sejak tahun 2018. LindungiHutan menjadi fasilitator yang menghubungkan seluruh pihak berkepentingan dalam aksi penghijauan, melalui platform lindungihutan.com, sebanyak 760 ribu pohon telah ditanam dan sebanyak 497 brand dan perusahaan telah berkolaborasi. Kami berkolaborasi dengan masyarakat lokal di 47 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Dengan cerita pada masing-masing lokasi penanaman, semakin menambah nilai dari kolaborasi yang diciptakan. Kami menghadirkan beberapa program seperti The Green CSR, Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset. LindungiHutan hadir melalui berbagai kanal email di partnership@lindungihutan.com, akun Linkedin LindungiHutan, serta akun Instagram @lindungihutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.