KRIMINALITAS

Pemilik Wedding Organizer Bawa Kabur Uang Belasan Calon Pengantin

Sibernas.com, Palembang-Unit Reskrim Polsek Ilir Barat (IB) 2 menangkap salah satu pemilik Wedding Organizer di Kota palembang yang telah membawa kabur uang kliennya sejumlah Rp1,3 miliar

Pelaku bernama Jaka Perdana (40), (WO), warga Komplek Puri Sejahtera, Kelurahan Talang Betutu, Kecamatan Sukarami, Palembang. Dia ditangkap atas laporan dari seorang PNS, Luthfiyah Triwahyuni Hasyim (27), yang merasa telah ditipu oleh tersangka yang sebelumnya telah membuat kontrak untuk pengurusan acara akad nikah dan resepsi korban pada 29 September 2023.

Tersangka yang menghilang selama lebih dari satu bulan dan pergi ke salah satu tempat kosan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pertengahan Oktober, setelah dilaporkan oleh korban.

Lihat Juga :  Perayaan Cap Go Meh, Terjunkan 652 Personel Gabungan Kepolisian.

“Saat ini berkas perkaranya sudah dinyatakan lengkap atau P21 oleh kejaksaan dan tinggal menunggu pelimpahan tahap duanya,” ujar Kapolsek IB 2 Kompol Wira Satria Yudha, SIK, Jumat (27/10/2023).

Diketahui ternyata korban tindak penipuan dan penggelapan oleh tersangka Jaka ini tak hanya satu orang, melainkan 14 pasang calon pengantin dengan total kerugian diperkirakan mencapai hingga Rp1,3 miliar.

“Rata-rata para korban telah melakukan down payment atau uang muka hingga pelunasan sampai Mei 2024 mendatang. Setelah kita buka di rekening milik tersangka hanya tersisa Rp5,6 juta,’ sebut Wira.

Tersangka dijerat melanggar Pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Lihat Juga :  Avsec Cargo SMB Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegal

Reporter: Yola Dwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.