PALEMBANG

Kebakaran Lahan di Palembang Nyaris Melalap Rumah dan Kandang Sapi, Warga Sempat Panik

Sibernas.com, Palembang-Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla ternyata tidak hanya terjadi di kawasan yang tidak berpenghuni, namun kini sudah terjadi di Kota Palembang.

Kebakaran lahan terjadi di kawasan Tanjung Barangan, Kecamatan Ilir Barat (IB) 1 Palembang, bahkan nyaris membakar rumah penduduk termasuk kandang sapi.

Kebakaran itu terjadi, Senin (4/9/2023) siang menjelang sore hari. Menurut penuturan warga sekitar tiba-tiba saja asap mengepul.

Api terbawa angin membakar lahan kosong, lalu merambat dalam waktu kurang dari 1 jam, hingga sampai ke ruas jalan utama di Tanjung Barangan. Api bergejolak dan mengeluarkan asap hingga mendekati pemukiman warga bahkan terdapat beberapa kandang sapi di sekitar lokasi.

Lihat Juga :  Area Bundaran Air Mancur Hingga Trotoar Ampera Bersih Untuk Salat Idul Fitri

Warga sekitar mengaku panik, meski tidak sampai membakar rumah dan kandang sapi milik warga, beruntung petugas pemadam turun ke lokasi kejadian.

“Sempat panik tapi beruntung tidak sampai membakar, selain pemadam kebakaran, ada juga dari pihak-pihak terkait datang ke lokasi,” kata Sabir warga sekitar.

Ia menuturkan, beberapa waktu yang lalu sempat terjadi juga kebakaran lahan di sekitar sini, namun api tidak terlalu besar, tapi kali ini api cukup besar dan terbawa angin.

Sementara, kepanikan juga diakui oleh warga sekitar Tanjung Barangan, asap tebal sempat menutup jalan dan tidak bisa lewat.

“Kami berharap pemilik lahan kosong memperhatikan lahannya, mungkin tidak dibiarkan semak belukar kering, mungkin ditanami dengan pepohonan yang tidak mudah terbakar,” kata Abdulah (39).

Reporter: Reno

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.