MUSI BANYUASIN

Pj Bupati Apriyadi Siagakan Bantuan Air Bersih Buat Warga

SIBERNAS.com, Sekayu — Pj Bupati Musi Banyuasin, H Apriyadi Mahmud telah mengantisipasi musim kemarau dengan mensiagakan bantuan air bersih. Dirinya telah menunjuk dua Organisasi Perangkat Daerah dan PDAM Tirta Randik untuk mempersiapkan pasokan air bersih untuk konsumsi dan mengirimkan kepada warga Kuba yang membutuhkan.

Sebelumnya, Senin lalu Apriyadi sudah menghimbau agar warga bijak memakai air bersih karena datangnya musim kemarau panjang. Dirinya kembali menegaskan dengan memberikan instruksi segera membantu penyaluran air bersih, Kamis (31/08/2023).

“Pemkab Muba telah menyiapkan pasokan air bersih untuk konsumsi warga. Dan sejak Senin lalu sudah kita salurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan. Yakni di Desa Kasmaran, Babat Toman. Selain air bersih kita juga berikan bak penyimpanan untuk dua dusun di Kasmaran. Semuanya ditangani langsung oleh BPBD, Damkar Pol PP dan PDAM Tirta Randik. Meski begitu saya berharap semuanya bijak menggunakan air bersih,”terang Apriyadi, Kamis (31/08/2023).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Banyuasin, Pathi Riduan menyebutkan selain Desa Kasmaran yang sudah dibantu air bersih dan bak penyimpanan air, pada Kamis juga telah disalurkan air bersih ke Desa Rantau Kasih Lawang Wetan.
“Benar. Sesuai perintah Pj Bupati, kami BPBD, Damkar Pol PP dan PDAM Tirta Randik sudah menyalurkan air bersih. Untuk Desa Kasmaran, Senin lalu kita bantu 9 ribu liter air bersih dan dua bak air kapasitas 2500 liter untuk Dusun 5 dan 6,” kata dia.

Sementara untuk Kamis, tambah Pathi, pihaknya telah mendistribusikan air bersih dan penyerahan sarana tempat penampungan air ke Desa Rantau Kasih, Lawang Wetan.

Bantuan di Rantau Kasih lanjut Pathi, diberikan untuk Dusun 3,4 dan 5 Rantau Kasih. Sarana yang diserahkan berupa set bak penampungan air bersih dan air bersih 1 tangki mobil suplai ukuran 1000 Liter.

Pendistribusian yang dilakukan ini menurut Pathi karena Muba sudah masuk musim kemarau panjang dan sejumlah desa telah kekurangan air. Pihaknya saat ini melayani warga yang mengajukan keluhan kesulitan air bersih.
Menurutnya besok, Jumat, juga akan disalurkan air bersih ke Sungai Keruh. Permintaan ini masuk ke BPBD pada Kamis petang.

Terkait penyediaan air bersih untuk membantu warga ini Pathi membeberkan bahwa Pj Bupati Muba Apriyadi telah menyiapkan sejumlah armada tangki air berikut suplai air bersihnya.

“Ada tiga penyediaan air bersih milik PDAM Tirta Randik yang khusus disiapkan untuk memenuhi permintaan air bersih ini. Yakni intake Sekayu, Babat Toman dan Lawang Wetan,” jelas Pathi yang dibenarkan juga oleh Dirut PDAM Tirta Randik, Azmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *