KRIMINALITAS

Tersangka Penggelapan Uang Rp215 Juta Diburu Polisi, Ini Tampangnya!

Sibernas.com, Palembang-Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Sumsel menerbitkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) atas nama Charisma Gusti Amalia, dalam dugaan perkara penggelapan dalam jabatan di perusahaan distributor handphone Oppo di Kota Prabumulih dengan kerugian Rp 215 juta.

Kasubdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Wisdon Arizal, SE, mengatakan, tersangka Charisma sebagai Kepala Cabang Distributor handphone Oppo di PT World Innovative Telecommunication di Prabumulih sejak tahun 2019 hingga 2022. Tersangka melakukan penggelapan uang perusahaan sebesar Rp215 saat dia menjabat Kepala Cabang.

“Modus operasi pelaku mentransfer uang operasional perusahaan ke rekening pribadinya dan memanipulasi data berbagai kegiatan fiktif perusahaan,” kata AKBP Wisdon Arizal kepada wartawan, Selasa (18/7/2023).

Lihat Juga :  6 Unit Rumah di Puncak Suning Terbakar, Satu Korban Tewas Terjebak Dalam WC

Terungkapnya kasus penggelapan ini berdasarkan audit internal perusahaan dari tahun 2019 hingga 2022. Dari hasil audit itu diketahui ada kerugian keuangan perusahaan sebesar Rp215 juta. Atas temuan itu pihak perusahaan melapor ke Polda Sumsel.

Dikatakan Wisdon, sebelum penerbitan surat DPO terhadap tersangka Charisma, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), dengan melakukan pemanggilan sebanyak dua kali terhadap tersangka lewat surat panggilan dan dipastikan surat panggilan sudah diterima.

“Surat pemanggilan pertama tersangka tidak datang, kami layangkan lagi surat pemanggilan yang kedua, yang bersangkutan tidak datang. Terakhir kami datangi alamat rumah tersangka di Baturaja, OKU, dan bertemu orang tuanya, ternyata tersangka sudah menghilang sekitar satu bulan,” katanya.

Atas dasar itulah, kata Wisdon, penyidik menerbitkan surat DPO terhadap tersangka.

“Inilah tantangan bagi penyidik untuk menemukan dan menangkap tersangka. Berbagai upaya akan dilakukan agar tersangka bisa ditangkap, baik secara teknologi maupun informasi,” tegasnya.

Dia juga mengimbau kepada tersangka Charisma untuk segera menyerahkan diri ke penyidik untuk mengikuti proses hukum dan pengadilan.

Reporter: Yola Dwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.