SUMSEL

Potret Mbah Karto, Calon Jemaah Haji Tertua dari Sumsel Berusia 105 Tahun

Sibernas.com, Palembang-Karto Yitno Ahmad Sadiyo, calon jemaah haji asal Kabupaten OKU Timur (OKUT), Sumatera Selatan (Sumsel), berusia 105 tahun.

Pria yang akrab disapa Mbah Karto ini tiba di Asrama Haji Palembang bersama sekitar 355 jamaah dari OKU Timur, Jumat (26/5/2023), pukul 08.30 WIB. Usianya telah senja, namun Mbah Karto sangat semangat saat tiba di Asrama Haji Kota Palembang.

Dengan gagah tanpa bantuan kursi roda ataupun tongkat, Mbah Karto duduk dengan jemaah lainnya di barisan fast track khusus jamaah lanjut usia (lansia).

“Saya sendirian (tanpa pendamping dari keluarga),” katanya.

Mbah Karto mengaku sangat bahagia dan senang akhirnya bisa berangkat haji. Ia mensyukuri berkat sehat yang Allah berikan untuknya.

Lihat Juga :  Peringati HLUN 2023, Gubernur Herman Deru Imbau Lansia Untuk Tetap Produktif

“Orang tua dulu memang usianya sampai 150 tahun, 200 tahun, Alhamdulillah masih sehat bisa berjalan dengan gagah,” katanya.

Sehari-harinya saat masih sehat, Mbah Karto suka bertani. Bahkan saat muda, bersama pemuda Indonesia lainnya berjuang melawan penjajah.

“Dulu, Mbah senjatanya pakai bambu runcing, ikut juga menjaga tahanan,” ceritanya.

Dengan usianya yang lebih dari 100 tahun ini, Mbah Karto bisa melakukan pola hidup sehat, salah satunya dengan tidak merokok.

“Enggak merokok, makan yang sehat, yang direbus dan tidak berminyak, sekarang sukanya makan makanan yang lembut-lembut,” tuturnya.

Salah satu tips sehat Mbah Karto di usianya yang telah senja tapi tetap sehat dan kuat berjalan, yaitu sebelum shalat tahajud di sepertiga malam, Mbah Karto mandi terlebih dulu agar badan segar.

Lihat Juga :  Gubernur Sumsel Tegaskan Tidak Ada Penghentian TPP

Sama halnya dengan jamaah lainnya, Mbah Karto sudah cukup lama daftar haji, dan lantaran tahun lalu pandemi, Mbah Karto baru bisa berangkat haji 2023 ini.

“Tidak ada sakit, cuma batuk-batuk saja,” ujarnya.

Mbah Karto memiliki lima orang anak dengan beberapa cucu dan cicit. Ia didaftarkan haji oleh anaknya, dan telah melunasi iuran haji saat pandemi Covid-19.

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us