PENDIDIKAN

Gelar Lomba Cerdas Cermat, Ajak Siswa Mencintai Bahasa Daerah

Sibernas.com, Palembang-Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Disdik Sumsel) menggelar lomba Cerdas Cermat Berbahasa Daerah Tingkat SMK se-Sumsel Tahun 2023. Kegiatan berlangsung selama tiga hari pada 22-24 Mei 2023 di SMK Negeri 8 Palembang

Kepala Bidang (Kabid) SMK Disdik Sumsel Mondyaboni SE, SKom, MSi, mengatakan, lomba Cerdas Cermat Berbahasa Daerah bertujuan agar para generasi muda mencintai bahasa daerah.

“Kita berharap anak-anak dapat mengikuti lomba dengan baik. Kita bermaksud dan berharap anak-anak akan mencintai bahasa lokalnya, bahasa ibunya,” ujar Mondyaboni, Selasa (23/5/2023).

Sehingga nantinya para siswa bisa berbahasa asing atau berbahasa yang lainnya. Tapi mereka tetap mengingat akar budaya mereka dari mana, dan bahasa daerah asalnya.

“Kita bisa lihat bahwa pengaruh budaya asing itu sudah luar biasa. Itulah kita mulai mensosialisasikan kembali tentang mencintai bahasa daerahnya masing-masing. Apalagi kita mempunyai banyak bahasa daerah dari 17 kabupaten dan kota,” katanya.

“Harapan kita anak-anak dapat mengikuti lomba ini dengan baik. Mudah-mudahan pengalaman yang mereka dapatkan hari ini akan bermanfaat bagi mereka di masa yang akan datang,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Sumsel Rafli, SPd, MPd, mengatakan, lomba
Cerdas Cermat Berbahasa Daerah Tingkat SMK se-Sumsel diikuti 17 kabupaten kota di Sumsel, di mana setiap kabupaten dan kota mengirim 3 orang.

“Tujuan dari kegiatan ini yang jelas memupuk persatuan dan kesatuan. Serta melestarikan kebudayaan daerah yang nantinya mereka akan tetap menjunjung tinggi budaya di manapun mereka berada,” katanya.

Rafli mengatakan, kegiatan ini merupakan inovasi terbaru dari bidang SMK. Diharapkan melalui kegiatan ini akan mengembangkan budaya Sumsel dan tetap melestarikan nilai budaya Sumsel.

Insya Allah tahun depan akan dilakukan lagi berkelanjutan dengan cara ataupun pengembangan evaluasi dari yang sekarang,” katanya.

Reporter: Yanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *