EKONOMIPALEMBANG

Nama Pasar 16 Ilir Belum Diganti, Ini Keterangan Walikota Palembang

Sibernas.com, Palembang-Wacana pergantian nama Pasar 16 Ilir menjadi The Heritage 16 Ilir menjadi isu santer di Kota Palembang.

Nama yang telah melekat puluhan tahun lalu ini secara mendadak dibicarakan di media sosial akan diganti seiring renovasi bangunan nantinya. Dari desain yang beredar di media sosial tersebut, pasar yang sudah ada sejak tahun 1800-an ini, akan berubah menjadi lebih modern dan canggih.

Bahkan, area depan akan berubah sehingga Pasar 16 Ilir ini akan menghadap ke Sungai Musi, dan disebut-sebut tangga pasar menyerupai anak tangga di Sarinah, Jakarta.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, pengelolaan pusat ritel di Sumsel, Palembang ini masih dipegang oleh PT Ganda Tahta Prima (GTP). Harnojoyo mengaku baru mendengar dan cukup terkejut saat mendapatkan permintaan untuk klarifikasi soal perubahan nama.

Lihat Juga :  Nextgen Inovasi Indonesia Meluncurkan Kursus Programming Interaktif

“Saya baru dengar juga, saya rasa tidak ada perubahan nama,” katanya, Rabu (17/5/2023).

Menurutnya, tidak ada informasi kepadanya mengenai rencana pengembangan, apalagi sejak lama Pasar 16 Ilir dipegang pihak ketiga tersebut.

“Untuk perbaikan menjadi lebih tertata, rapi dan bersih saya pernah dengan, untuk rencana renovasi dan ganti nama saya baru tau,” katanya.

Pasar 16 Ilir masih terikat kerjasama Build Operate Transfer (BOT) dengan PT GTP sampai tahun 2033 mendatang.

“Untuk pemutusan (kerja sama) tunggu kabarnya dalam waktu dekat ini,” katanya.

Soal pemutusan kerja sama dan renovasi gedung juga pernah dikemukakan tahun 2021 lalu dengan beberapa ketentuan.
Pemkot Palembang melalui Perumda Pasar Palembang Jaya harus membayar penalti sebesar Rp10 miliar kepada PT GTP untuk pemutusan kerja sama.

Lihat Juga :  AnyMind Group memperluas kemampuan AnyChat ke marketplace e-commerce melalui integrasi dengan platform terkemuka di Asia Tenggara, Lazada dan Shopee

Jika ini berhasil, nantinya pengelolaan Pasar 16 dilakukan Pemkot Palembang melalui BUMD, Perumda Pasar Palembang Jaya.

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.