OLAHRAGA

Berbaku Hantam & Berdarah-darah Akhiri Puasa 32 Tahun

Sibernas.com, Phnom Penh-Penantian itu berakhir sudah. Timnas Indonesia kembali meraih emas sepakbola SEA Games setelah puasa 32 tahun, lewat laga yang diwarnai baku hantam dan cucuran darah.

Final sepakbola SEA Games 2023 mempertemukan Indonesia vs Thailand di Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023) malam WIB. Laga berjalan dengan tempo tinggi dan sangat intens.

Tim Merah-Putih sempat unggul dua gol di babak pertama lewat Ramadhan Sananta. Tapi Thailand mengejar di babak kedua lewat Anan dan gol dramatis Yotsakorn Burapha di masa injury time.

Dari sana pertandingan tak menurun intensitasnya. Indonesia mencetak gol cepat di babak tambahan melalui Irfan Jauhari, yang lantas memicu kericuhan di tepi dan tengah lapangan.

Ofisial dan pemain dari timnas Indonesia dan Thailand sempat kontak fisik. Sejumlah kartu merah dikeluarkan wasit Kassem Matar Al-Hatmi dari Oman, termasuk untuk pemain Indonesia yakni Komang dan Soponwit Rakyart dari Thailand.

Kerasnya laga juga membuat pemain Indonesia Bagas Kaffa bercucuran darah. Darah mengalir dari bibirnya usai berbenturan dengan pemain Thailand.

Tapi Indonesia menunjukkan daya juang dan ketangguhannya, hingga menambah dua gol lain dari Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra, untuk memastikan kemenangan 5-2. Kemenangan yang menyempurnakan laju mereka. Indonesia juara dengan menyapu laga dari fase grup. Sebuah catatan impresif untuk mengakhiri penantian selama 32 tahun.

Ya, Indonesia sudah sejak 1991 puasa emas di sepakbola SEA Games, sejak era Widodo C Putro, Peri Sandria, dan Rochy Putiray. Penantian itu berakhir lewat cara sebaik-baiknya: memenangi baku hantam dengan lawan terkuat.

Editor: Ferly M/Detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.