PALEMBANGWISATA DAN BUDAYA

Pasar 16 Ilir Akan Direnovasi dan Ganti Nama ‘The Heritage 16 Ilir’

Sibernas.com, Palembang-Heboh di media sosial Pasar 16 Ilir Palembang akan direnovasi dan berganti nama menjadi The Heritage 16 Ilir.

Belum sembuh luka warga Kota Palembang dengan tak kembalinya bangunan cagar budaya Pasar Cinde, kini beredar kabar Pasar 16 Ilir akan dibongkar. Di beberapa media sosial telah beredar na dan gambar masa depan Pasar 16 Ilir setelah direnovasi nantinya.

Dari desain yang beredar di media sosial tersebut, pasar yang sudah ada sejak tahun 1800-an ini, akan berubah menjadi lebih modern dan canggih.

Bahkan, area depan akan berubah sehingga Pasar 16 Ilir ini akan menghadap ke Sungai Musi, dan disebut-sebut tangga pasar menyerupai anak tangga di Sarinah, Jakarta.

Lihat Juga :  Pemkot Pastikan PPDB Palembang Transparan

Salah seorang pedagang Pasar 16 Ilir Agus mengatakan, sudah mendengar dan melihat dari media sosial bahwa akan ada renovasi.

“Kalau pemberitahuan belum, tapi kami lihat di Instagram @palembang.sumsel.ssci, kami bagaimana kalau pasar ini direnovasi, harus ada penjelasan dulu,” katanya, Minggu (14/5/2023).

Berubah nama dari Pasar 16 Ilir menjadi The Heritage 16 Ilir juga renovasi, menjadi gejolak tersendiri di kalangan masyarakat. Banyak masyarakat yang berkomentar meragukan keberhasilan rencana tersebut, melihat tak kunjung selesainya pembangunan Pasar Cinde menjadi plaza.

“Apa kabar Cinde, bentuk asli sudah hancur tapi tidak kelar juga walau sudah bertahun-tahun,” kata salah satu warga Palembang, Suprapto.

Kabar akan dibongkar dan berganti nama ini, belum ada penjelasan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terkhusus Perumda Pasar Palembang Jaya, sebagai pengelola.

Lihat Juga :  FPD XXI Tahun 2023 Resmi di Buka, SMB IV Ajak Partisipasi Generasi Muda Ikut Lestarikan Budaya Palembang

Meski awak media telah mengkonfirmasi, namun hingga berita ini dimuat, pejabat Pemkot Palembang belum memberikan penjelasan.

Reporter: Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us