SUMSEL

Lantik PPIH Tahun 2023, Herman Deru: Berikan Pendampingan Kepada Para Jemaah Mulai dari Pemberangkatan Hingga Kepulangan

SIBERNAS.com – Palembang –Gubernur Sumsel H Herman Deru melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi dan Debarkasi Palembang tahun 2023 di Gedung Serba Guna Asrama Haji Palembang, Kamis (11/5/2023).

Pada pelantikan itu, Gubernur Herman Deru berpesan agar PPIH memberikan pelayanan maksimal bagi jemaah haji asal Sumsel mulai dari keberangkatan maupun kepulangan.

“Memang terlihat sederhana, namun tugas PPIH ini tidaklah mudah. Karena itu, berikan pelayanan yang baik bagi jemaah haji mulai dari keberangkatan sampai mereka pulang kembali,” kata Herman Deru.

Menurutnya, tahun ini sedikitnya ada sekitar 7012 calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah ke tanah suci Mekkah.

Dimana lebih dari 50 persen lansia yang memang harus diberikan pelayanan ekstra.

Lihat Juga :  Bantu Pengamanan dan Pengelolaan Aset, KAI Apresiasi Polda Sumsel dan BPN

“Tagline haji tahun ini “ramah lansia” artinya lebih dari 50 persen jemaah adalah orang lanjut usia. Mereka tentu pendampingan saat menjalankan ibadahnya. Berikan juga bimbingan agar setiap tahapan ibadah dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Tidak hanya itu, pemahaman terkait batasan-batasan dalam menunaikan ibadah haji juga harus dibekali kepada para jemaah haji tersebut.

“Sehingga tugas kita yang disini berjalan baik dan petugas yang ada di Arab Saudi juga siap untuk melakukan pendampingan kepada jemaah,” terangnya.

Selain soal pendampingan, Herman Deru juga menekankan agar PPIH juga maksimal dalam penyajian makanan bagi jemaah haji.

“Makanan untuk jemaah haji ini harus sesuai standar. Tingkat kepedasan juga harus disesuaikan agar tidak mengganggu jalannya ibadah para jemaah,” bebernya.Dia berharap, PPIH yang dilantik saat ini dapat mengemban tugasnya dengan tanggung jawab.”Saya harap tugas ini dilakukan dengan tanggung jawab,” pungkasnya.

Lihat Juga :  Bantu Pengamanan dan Pengelolaan Aset, KAI Apresiasi Polda Sumsel dan BPN

Diketahui, penyelenggaraan jemaah haji dilaksanakan dengan pemberangkatan kloter satu pada 24 Mei 2023 mendatang tujuan bandara Amma Madinah dan kloter terakhir pada 22 Juni 2023 tujuan bandara Kala Jeddah.

Sementara pemulangan dilakukan dimulai pada 4 Juni 2023 melalui bandara Jeddah dan pemulangan terakhir pada 2 Agustus 2023 melalui Bandara Amma Madinah.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Pengadilan Tinggi Agama H. RM. Zaini, Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irawan, dan sejumlah pihak lainnya.

 

reporter: Yanti/ril

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *