LIFESTYLE

10 Hewan Terpintar di Dunia, Salah Satunya Tikus

SIBERNAS.com – Hewan merupakan salah satu makhluk yang hidup berdampingan langsung dengan manusia di dunia.

Dalam kehidupan yang kita jalani ini ternyata makhluk hidup yang pintar atau memiliki kecerdasan yang tinggi bukan hanya ada pada manusia saja, melainkan juga ada pada hewan. Bahkan, kecerdasan hewan ini ada yang dianggap setara dengan kecerdasan manusia.

jika belum mengetahui hewan mengetahui hewan apa saja yang memiliki kecerdasan tinggi, berikut ini beberap hewan yang memiliki kecerdasan.

  1. Orangutan
    Menempati posisi pertama sekaligus mendapat titel sebagai hewan terpintar, orangutan memang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Hewan ini mampu menggunakan alat. belajar bahasa isyarat, hingga memiliki struktur sosial layaknya manusia yang hidup bermasyarakat.

    2. Lumba-lumba hidung botol
    Banyak orang percaya bahwa lumba-lumba hidung botol adalah hewan terpintar, tetapi lumba-lumba hidung botol menduduki peringkat kedua dalam daftar ini. Lumba-lumba hidung botol memiliki ukuran otak terbesar di antara jenis lumba-lumba lainnya.

    Lumba-lumba jenis ini, selain mudah dilatih juga mampu mengenali diri mereka sendiri di cermin, memperhatikan tanda-tanda asing di tubuhnya dalam pantulan, mengenali gambar di televisi, dan memiliki ingatan yang mengesankan.

    3. Simpanse
    Simpanse menempati urutan ketiga sebagai hewan terpintar. Simpanse berbagi 98 persen DNA dengan manusia. simpanse juga mudah berimprovisasi dan jago dalam hal manipulasi.

    4. Gajah
    Gajah memiliki ingatan yang kuat dan panjang. Hal ini jugalah yang membuat gajah berada di posisi keempat sebagai hewan pintar.

    5. Burung beo abu-abu Afrika
    Burung beo abu-abu Afrika menempati posisi lima sebagai hewan pintar. Posisi ini juga menempatkan burung beo sebagai hewan teratas dari jenis unggas yang memiliki otak cemerlang.

    Burung beo jenis ini bahkan diperkirakan memiliki kecerdasan yang sama dengan anak usia 5 tahun.

    6. Gurita
    Gurita juga termasuk dalam hewan cerdas. Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuannya menyamar yang benar-benar tak terbantahkan. Selain itu, gurita juga bisa memecahkan teka-teki labirin hingga menggunakan dua bagian otaknya, yakni memori jangka panjang dan memori jangka pendek.

    7. Babi
    Babi beroperasi pada tingkat IQ yang jauh lebih tinggi dari anjing. Mereka mampu memahami konsep refleksi hanya pada usia enam minggu. Babi juga memiliki sekitar 20 suara berbeda yang mereka gunakan untuk berkomunikasi, dan induk babi bernyanyi untuk anaknya saat mereka sedang makan.

    Babi menanggapi emosi dan bahkan menunjukkan empati pada saat yang tepat yang merupakan sifat yang sangat langka pada hewan.

    8. Gagak
    Gagak adalah spesies hewan yang cukup cerdas. Bahkan dia bisa menyampaikan dan mengirim pesan. Gagak juga bisa belajar bicara dan memiliki ingatan yang cukup baik.

    9. Merpati
    Sama seperti gagak, merpati juga jenis unggas cerdas yang bisa mengirim pesan. mereka juga memiliki kemampuan untuk mengenali dan sadar akan dirinya sendiri.

    Bukan hanya itu, mereka juga memiliki kemampuan untuk mengenali orang dan tempat. Intinya merpati memiliki ingatan yang sangat baik hingga membuatnya tergolong dalam hewan cerdas.

    10. Tikus
    Tikus yang kerap dianggap hama ternyata masuk golongan hewan cerdas. Meskipun memiliki otak kecil, pikiran mereka justru berfungsi dengan cara yang mirip dengan manusia. bahkan struktur otak tikus disebut sangat mirip dengan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *