MUSI BANYUASIN

Respon Cepat Muba Siaga 112, DLH Bersihkan TPS Liar di Kecamatan Sekayu

SIBERNAS.com, Sekayu -Pemkab Musi Banyuasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muba merespon cepat laporan masyarakat melalui Call Center 112 terkait adanya tempat pembuangan sampah (TPS) liar di Pinggir Jalan perumahan GBL menuju SMK model, Rabu (3/5/2023).

Bahkan untuk menekan TPS liar tersebut, Kepala DLH Muba Andi Wijaya Busro SH MHum, mengatakan bahwa pihaknya akan menambah 4 buah bak amrol dan 100 unit tong sampah tahun 2023 ini, dan akan ditempatkan di area Sekayu kota.

Andi Wijaya Busroh mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan dan berharap bersama lurah rt dan warga masyarakat tetap menjalankan gotong royong bersih bersih lingkungan dengan menggalakkan program Jumat bersih, dan memilah milah sampah organik dan non organik yang memiliki nilai dan harga dan dapat dijual ke bank sampah kita.

“Penambahan buah bak amrol dan 100 unit tong sampah ini diharapkan dapat mengurangi TPS liar yang dibuat oleh masyarakat. Kami juga berharap masyarakat juga harus berperan aktif dalam masalah sampah ini dengan cara membuang sampah pada tempatnya, jangan dibuang di sembarang tempat, seperti di pinggir-pinggir jalan dan dengan menciptakan TPS sendiri,” ungkapnya.

Apabila perlu pelayanan terkait masalah sampah, lanjutnya, Bisa segera menghubungi Dinas Lingkungan Hidup, khususnya UPTD pengelolaan sampah atau langsung hubungi Call Center 112, biar kita langsung angkut dari lokasi sampah.

“Misalkan dari rumah langsung, jadi tidak menimbulkan sampah liar yang berserakan dimana-mana. Kota sekayu merupakan kota kecil salah satu terbersih ayo kita jaga bersama sama,” ujar dia.

Pengelolaan sampah ini, sambung dia, tidak harus selalu berujung dibuangnya sampah ke TPS.

“Pengelolaan sampah ini bisa dilakukan dengan pola 3 R untuk sampah keras/ anorganik ( reduce, reuse, recycle), yaitu dengan cara mengurangi potensi sampah, mengguna ulang barang-barang yang bisa dipakai kembali dan mendaur ulang sampah. Untuk sampah organik seperti sisa makanan, sisa sayur, buah dan lainnya bisa langsung di kompos sendiri di rumah,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.