CAHAYA ISLAM

Sedekah di Bulan Ramadhan Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Sibernas.com, Palembang-Pada bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh penjuru dunia berlomba-lomba untuk meraih banyak pahala dan keberkahan. Dengan cara meningkatkan amalan ibadah dan menjauhi hal-hal yang buruk. Salah satu amalan ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan adalah sedekah.

Sedekah merupakan amalan ibadah yang dilakukan kepada sesama manusia sebagai wujud sikap kedermawanan seseorang. Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang memiliki sifat dermawan tersebut. Sehingga tak heran jika sedekah menjadi amalan yang sangat baik dilakukan saat bulan Ramadhan karena akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda jika dilakukan dengan ikhlas. Dilansir dari laman Badan Amil Zakat Nasional, berikut ini lima keutamaan sedekah di bulan Ramadhan.

1. Bebas dari Siksa Kubur

Keutamaan pertama dari sedekah di bulan Ramadhan adalah terbebas dari siksa kubur. Seseorang yang melaksanakan sedekah dengan ikhlas dan hanya mengharapkan ridho Allah SWT, maka akan mendapatkan jaminan terbebas dari siksa kubur. Hal ini disebutkan dalam hadits yang artinya.

Rasulullah Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani).

2. Dijauhkan dari Api Neraka

Keutamaan selanjutnya yang akan didapatkan oleh seorang muslim jika melaksanakan sedekah dengan ikhlas adalah dijauhkan dari api neraka. Hal ini sesuai dengan hadits.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Jadi, dalam melakukan sedekah tidaklah harus dalam jumlah banyak. Meskipun sedekah dengan nilai yang sedikit namun dilakukan dengan ikhlas maka akan mendapatkan keutamaan dari sedekah tersebut.

3. Pahalanya Dilipat Gandakan

Keutamaan sedekah juga disebutkan dalam Alquran surat Al-Hadid ayat 18. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa seseorang yang melakukan sedekah dengan ikhlas dan tanpa mengungkit-ungkit pemberiannya maka akan mendapatkan sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat pahalanya. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan jaminan surga.

4. Menghapus Dosa

Keutamaan lain dari sedekah di bulan Ramadhan adalah dapat dihapuskan dosa seseorang. Namun, tentunya selain melakukan sedekah seseorang yang ingin dosanya diampuni oleh Allah SWT juga harus melakukan taubat serta menyesali perbuatannya dengan tidak melakukan dosa tersebut lagi.

5. Merasa Bahagia

Kebahagiaan juga akan muncul dalam hati seseorang yang melakukan sedekah dengan tulus ikhlas. Mereka akan merasakan kebahagiaan yang tak terkira. Sementara orang yang pelit dan tidak mau bersedekah maka akan merasa hatinya penuh sesak dan tidak bahagia.

Demikian informasi tentang keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Sedekah yang dilakukan secara ikhlas tanpa mengharapkan pujian dari orang lain akan mendatangkan banyak manfaat bagi orang yang melakukannya.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *