NASIONAL

Video Al-Quran Dibakar Tentara Berseragam Ukraina Viral, Umat Islam Dunia Murka

Sibernas.com, Ukraina.—  Jagat maya internasional digegerkan oleh ulah seorang berseragam tentara Ukraina hingga membuat umat Islam di penjuru dunia murka. Video viral di media sosial tersebut menunjukkan pembakaran kitab suci Al-Quran tepat menjelang beberapa hari memasuki bulan suci ramadhan.

Banyak tokoh pun mengecam pembakaran Al-Quran tersebut. Para tokoh menyebut tindakan itu sangat berbahaya dan dapat menyeret perang Ukraina menjadi perang agama.

Mengutip nkirpost.co, Sheikh Abdullah Jabiri, sekretaris jenderal Gerakan Umat Lebanon mengecam penodaan itu. Menurut dia, itu adalah upaya mengubah perang Ukraina menjadi perang agama. Dalam laporan yang dilansir International Quran News Agency, Sheikh Abdullah Jabiri menyamakan langkah itu dengan serangan Zionis Israel terhadap tempat suci agama. Dia menegaskan, “Pemimpin Ukraina harus memberikan penjelasan dan meminta maaf kepada umat Islam.”katanya.

Lihat Juga :  Puan Hadiri WWF ke 10 di Bali, Komitmen Kuat Parlemen di Ketahanan Air Dunia

Sementara itu, Cendekiawan Muslim Lebanon Sadiq al-Nablusi juga mengecam hal serupa. Ia menyebut   insiden itu sejalan dengan tujuan ideologi radikal baru di Ukraina yang berupaya memprovokasi dan memperdalam bentrokan agama.

” Ada pesan dari elemen radikal Ukraina kepada tentara Muslim di tentara Rusia bahwa jika perang berlanjut, kaum radikal akan membalas dendam dengan cara apa pun yang mereka bisa,” dugaanya.

Dia melanjutkan Liga Arab dan organisasi hak asasi manusia harus mengambil sikap yang jelas terhadap kejahatan semacam itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *