PENDIDIKAN

Unanti Palembang-Universitas Serasan Kerjasama Terapkan MBKM

Sibernas.com, Palembang,-Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) mempersyaratkan adanya sinergi dan kolaborasi antara perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lain, maupun antara perguruan tinggi dengan industri, dunia usaha dan dunia kerja. Sehingga pengembangan jejaring sebagai upaya dalam percepatan implementasi MBKM menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Terkait hal tersebut, Universitas Tridinanti (Unanti) Palembang menjalin kerjasama dengan Universitas Serasan Muaraenim, Kamis (9/3/2023). Kerjasama tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor
Unanti Palembang Dr Ir Hj Manisah, MP, dan Rektor Universitas Serasan Prof Hj Tuty Emilia Agustina, PhD.

Rektor
Unanti Palembang Dr Ir Hj Manisah, MP, dan Rektor Universitas Serasan Prof Hj Tuty Emilia Agustina, PhD.

Rektor Unanti Palembang Dr Ir Hj Manisah mengatakan, salah satu bentuk penilaian bagi perguruan tinggi yang akan menghadapi Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA), salah satunya adalah perguruan tinggi tersebut harus dapat melakukan hubungan kerja sama baik terhadap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Kerjasama MoA dan MoU Unanti Palembang dan Universitas Serasan terkait pelaksanaan program MBKM, pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM), pemagangan mahasiswa bersetifikat dan uji kompetensi,
perbantuan pengembangan potensi Universitas Tridinanti dan Universitas Serasan, lokakarya, pelatihan, seminar, pameran dan kegiatan ilmiah lainnya, Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, konsultasi dan pembuatan kajian/analisis, penggunaan fasilitas yang dimiliki dan kegiatan lain yang disetujui kedua belah pihak.

Selanjutnya, implementasi dari MoU ini yaitu MoA, Fakultas dan Program Studi dapat melaksanakan kegiatan ini secara konsisten, dalam rangka mewujudkan MBKM yang diprogramkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Harapan ke depan dengan adanya penandatanganan ini, perguruan tinggi dapat bersinergi dengan baik dan bekerjasama demi kemajuan bersama dan perkembangan kedua perguruan tinggi,” ujar Manisah.

Rektor Universitas Serasan Prof Hj Tuty Emilia Agustina, PhD, menyampaikan, kerjasama antarlembaga adalah suatu aspek yang punya nilai strategis dan arti penting tersendiri, dalam hal ini dengan sesama institusi pendidikan tinggi.

“Terlebih dalam perspektif MBKM, maka kerja sama ini, tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, namun juga semakin memberi peluang kepada sivitas akademika untuk bertransformasi dalam pembelajaran di luar kampus,” katanya.

Hadir dalam penandatanganan MoA dan MoU Wakil Rektor I Unanti Dr Rosmalinda, ST, MT, Wakil Rektor II Hj Nina Fitriana, SE, MSi, Wakil Rektor III Syaiful Sahri, SE, MSi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Dr Msy Mikial, SE, MSi, AkCA, CSRS, Dekan Fakultas Teknik Ir Zulkarnain Fathoni, MM, MT, Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Nasir, MP dan Dekan Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Nyayu Lulu Nadya, SPd, MPd.

Dari pihak Universitas Serasan dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi dan Hukum Riasan, SH, MH, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi H Yandra Iskandar, ST, MSi dan Humas Muhammad Taufik, SAg, ME.

Reporter: Yanti

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *