OLAHRAGA

Stadion GSJ Siap Digunakan Untuk FIFA World Cup U-20

Sibernas.com, Palembang-Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Kota Palembang sedang dipersiapkan untuk digunakan dalam event FIFA World Cup U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Saat ini di Stadion bola JSC sedang dilakukan Inspeksi oleh LOC terkait persiapan venue menyambut inspeksi FIFA pada tanggal 21-27 Maret 2023.

“Kesiapan stadion sedang dipastikan oleh LOC untuk dilakukan pemeriksaan oleh pihak FIFA akhir bulan ini,” kata Direktur Utama JSC Meina Paloh, Kamis (9/3/2023).

Meina memastikan JSC Palembang siap menjadi venue diantara 6 kota yang akan menjadi tuan rumah, diantaranya Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

“Nantinya tim FIFA akan mengecek secara detail kesiapan JSC dan kita akan mendapatkan gambarannya setelah itu,” katanya.

Menurutnya, sejauh ini perbaikan JSC tidak terlalu banyak dan bersifat minor saja.

“Semua sudah sesuai dengan standar FIFA,” katanya.

Seperti, seluruh lighting di stadion bola saat ini sudah diganti menjadi LED, tangga dibelokkan ke arah 180 derajat, kursi stadion dengan kapasitas 23 ribu singel seat.

“Sekarang sedang fokus juga ke lapangan bola, karena ini yang utama dalam penyelenggaran event bola,” katanya.

Pihaknya juga memastikan safety dan security stadion untuk untuk menghindari hal yang tidak dinginkan. Mulai dari seperti alarm, speaker, juga jalan untuk difabel.

“Safety dan security-nya juga kita perhatikan betul untuk antisipasi banyaknya penonton nanti,” katanya.

PIC Rumput Lapangan Stadion Piala Dunia Ahmad Taufik yang juga sebagai Sekretaris Dispora Sumsel, memastikan rumput di lapangan saat ini dalam perawatan untuk digunakan di event internasional itu.

“Kita sedang dalam persiapan penyulaman agar rumput Zyosia Japonica lebih sehat,” katanya.

Selain itu dilakukan penyemprotan di area rumput lapangan yang kurang subur, menggunakan esensial atau multivitamin khusus.

“Agar akarnya lebih kuat dan unsur haranya lebih banyak,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, pihaknya yakin Palembang layak dalam deretan tuan rumah FIFA World Cup U-20. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir ini Stadio Bola JSC digunakan dalam event SEA Games 2011 juga Asian Games 2018.

“Yakin bisa, karena Palembang ini pengalaman jadi tuan rumah event internasional dan koreksi dalam persiapan even ini juga sedikit,” katanya.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *